Aplikasi Cek Jaringan IP dengan Java

Aplikasi ini merupakan sebuah tugas kuliah pemrograman java yang saya kerjakan sendiri, diaplikasi cek jaringan ip dengan java ini kita bisa mengetahui berapa ip kita, selain itu di aplikasi ini juga kita dapat mengetahui nama komputer kita. 

Di aplikasi ini juga terdapat fitur ip to name yang artinya kita bisa mengetahui nama komputer kita dengan cara memasukan ip kita dalam aplikasi tersebut, dan selain itu diaplikasi java ini juga terapat fitur nslookup yang artinya kita dapat mengetahui ip kita dengan cara memasukan host name komputer kita.

Ok langsung saja kita ke tahap pembuatan aplikasi ini :D, contoh aplikasi yang akan kita buat seperti gambar dibawah ini.

Editor yang saya gunakan untuk membuat aplikasi java ini adalah Netbeans versi 7.2.1

Pertama buka netbean kalian lalu buat pilih menu File->new project->java aplication, lalu masukan nama dari aplikasi yang akan kalian buat, contoh disini saya menamainya “Jaringan”.

Setelah itu klik java package dari aplikasi kalian, lalu klik kanan mouse pilih new->Jframe Form, maka strutur aplikasi seperti pada gambar dibawah ini.

Selanjutnya kalian bisa mendesign form tersebut sesuai keinginan kalian, dan dibawah ini adalah struktur dari project tersebut.
Selanjutnya pilih JcomboBox klik kanan properties dan cari model, lalu isikan model tersebut “ Get IP, Get Host Name, IP to Name, Nslookup “.

Dan langkah terakhir pilih Button/Jbutton lalu double klik, dan ketikan script dibawah ini.


Kalau sudah selesai kalian bisa run project tersebut hehe, dan sekianlah pembahasan mengenai artikel pembuatan aplikasi cek jaringan ip dengan java. Bila ada yang kurang dimengerti kalian bisa menanyakannya di kolom komentar.

Semog artikel ini membantu dan bermanfaat, and see you on the next article 🙂.

Source code atau aplikasi lengkap yang sudah jadi juga bisa kalian download pada link dibawah ini.

Download File : Download   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *