Cara Menyimpan Data kedalam File Txt di Java

Hello good people 🙂, di artikel kali ini saya akan membahas cara pembuatan aplikasi dengan menggunakan java, yaitu aplikasi menyimpan data ke file txt, text/notepad dari aplikasi java.

Disini saya menggunakan editor/compiler netbeans v 7.2.1, tidak usah lama – lama berikut cara pembuatan aplikasi yang kita bahas, spoiler aplikasi seperti gambar dibawah.
 

Langkah pertama buka netbeans atau editor kalian yang lain, lalu pilih menu File->New Project->Java Aplication lalu beri nama project kalian sesuai yang diinginkan, contoh disini saya menamainya “SaveText” lalu klik Finish.

Selanjutnya klik package project kalian lalu klik kanan pada mouse, pilih new->Jframe Form lalu berinama form tersebut, contoh saya menamainya ” FormText “ lalu klik Finish, lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.
 

Maka struktur project kalian kurang lebih seperti gambar dibawah.
Selanjutnya yaitu mendesign form aplikasi tersebut seperti pada gambar aplikasi diatas atau kalian bisa design sendiri sesuai keinginan, jika ingin menyamakan tampilan seperti gambar aplikasi diatas, berikut ini struktur component project yang digunakan.

 
Setelah itu tinggal menyesuaikan tampilan seperti gambar pada aplikasi diatas. Dan tahap terakhir yaitu double klik jButton1/button lalu masukan script dibawah ini.

Jika script masih error ketika kalian sudah mengketikan semuanya, jangan lupa untuk mengimport file yang dibutuhkan di baris atas script tersebut, seperti gambar dibawah.

Tahap terakhir kalian tinggal menjalankan aplikasi tersebut ;), oke dan sekianlah pembahasan artikel pada kali ini, apa bila ada yang kurang mengerti dan ingin ditanyakan silahkan bertanya dikolom komentar.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat, dan sampai bertemu diartikel selanjutnya 🙂.

Source code atau aplikasi lengkap bisa didownload dibawah ini.

Download File : Download

One thought on “Cara Menyimpan Data kedalam File Txt di Java

  1. pake java keren.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *