Cara Membuat Komputer Berbicara

Wohohohow ini pasti impian semua orang jika komputer bisa berbicara :3 , tetapi sayangya itu hanya ada dalam film gan hehe,  tapi jangan khawatir di artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya agar komputer agan bisa berbicara seperti yang ada dalam film – film, hanya saja komputer ini bisa berbicara saat komputer agan startup saja, atau ketika baru dinyalakan hehe.

Tidak usah berlama – lama mari kita langung ke cara agar komputer kalian bisa berbicara, sebelumnya saya disini menggunakan os atau operation system windows 7 tetapi tidak menutup kemungkinan bisa juga untuk windows 8 maupun yang lainnya.

Pertama coba kalian buka file notepad, lalu isikan script dibawah ini pada file notepad tersebut.

Dim speaks, speech
speaks=”Welcome Boss, Have a nice day
Set speech=CreateObject(“sapi.spvoice”)
speech.Speak speaks

Selanjutnya kalian bisa menggati tulisan yang berwarna merah tersebut sesuai keinginan pesan yang akan komputer kalian sampaikan pada saat startup, usahakan menggunakan bahasa inggris agar tidak aneh saat komputer kalian mengucapkannya.

Lalu save as file notepad tersebut, ganti save as tipenya menjadi All Files, dan ganti extensi file tersebut dari “ .txt ” menjadi “ .vbs ”, lalu berinama file tersebut sesuai keinginan kalian misalkan speech.vbs, contohnya seperti gambar dibawah ini.

Dan tahap terakhir copy file speech.vbs atau file yang kalian buat dari notepad tadi, dan paste file tersebut di “ C:UsersNama User andaAppDataRoamingMicrosoftWindowsStart MenuProgramsStartup  “ .
Sedikit catatan, jika folder AppData , tidak ada pada nama user komputer anda, ada kemungkinan folder tersebut di hidden atau disembunyikan, untuk mengetahuinya kalian cukup mengklik menu Organize yang ada di pojok kiri, lalu pilih Folder and search option, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah.

Jika sudah, di menu folder option pilih, view lalu pilih bagian hidden file menjadi “ Show hidden files, folders and Drives “ seperti gambar dibawah.

Jika folder AppData kalian sudah muncul, maka kalian bisa melanjutkan mempaste file notepad dengan extensi .vbs tadi pada lokasi yang sudah saya cantumkan diatas.

Setelah selesai copy-paste file, coba kalian klik open file yang sudah dibuat tadi, jika keluar suara maka berhasil.

Untuk tahapan akhir agar settingan berhasil, coba kalian restart komputer kalian, dan lihat apakah komputer kalian sudah bisa berbicara seperti yang ada di film – film hehe.

Dan selesailah pembahasa artikel kali ini, apabila ada yang kurang mengerti dan ingin ditanyakan kalian bisa menanyakannya dikolom komentar, Semoga artikel ini bisa membantu dan juga bermanfaat 🙂.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *