Crud Login Dengan Java Servlet

Long time no see bro :D, udah lama ga posting ni gan maklum ane lagi sibuk dengan tugas โ€“ tugas kuliah yang berjibun, dan salah satunya tugas ini yang akan ane share kepada kalian.

Disini kita akan membuat login serta crud dengan menggunakan java servlet, sedikit gambaran mengenai alur dari project ini gan.
















Kalian pasti sudah mengerti bukan gambaran alur diatas ? ๐Ÿ˜€ ok langsung saja kita ketahap pembuatan projectnya, sebelumnya disini saya menggunakan editor netbeans dan servernya menggunakan glasfish 3.1.3, kalo agan sudah ada netbeannya mari silahkan dibuka dan ikuti tahap pembuatannya dibawah ini.

Pertama setelah kalian membuka netbeans, klik menu File->new Project lalu pilih sesuai gambar dibawah ini.







Setelah itu klik next lalu beri nama project sesuai keinginan kalian sebagai contoh disini saya menamakan project tersebut dengan โ€œUTS Java Pemrogramanโ€ selanjutnya klik finish maka akan muncul struktur seperti gambar dibawah ini.








1.      LOGIN FORM

Selanjutnya klik kanan pada source packages pilih new->servlet beri nama servlet tersebut โ€œLoginโ€ klik next lalu checklist pilihan add information to deployment descriptor(web.xml)  seperti gambar dibawah, setelah itu klik finish.












Setelah itu buka file login servlet tadi lalu ketikan codingan dibawah ini.










Maksud dari script diatas adalah component atau plugin yang kita perlukan untuk membuat login di java servlet ini, selanjutnya ketikan kembali code dibawah ini.













Maksud code dari string valid_name adalah username yang digunakan disaat akan login
begitu pula dengan string password adalah password yang digunakan untuk login
dan yang terakhir ada code_valid  berfungsi untuk mengecek code yang valid

lanjut lagi gan ketikan codingan pada gambar dibawah ini






Fungsi dari script diatas adalah untuk menge cek session logout dan login, lanjut ketikan script dibawah ini.
















Fungsi dari script diatas adalah kita membuat form login dengan tipe documentnya html, dan fung si username = request.getparameter adalah untuk mengambil data yang diketikan di text pada saat program tersebut dijalankan begitu juga dengan password dan login.
Lanjut lagi ketikan script dari form loginnya gan













Script diatas kita membuat output tampilan dari form lagin yang dipakai, selanjutnya ketikan kembali script dibwah ini










Script diatas berfungsi untuk membaca nilai dari username dan password yang di masukan jika username dan password benar maka akan muncul halaman form untuk crud jika tidak akan kembali lagi ke form login dan masukan username dan passworde dengan benar.

Setelah selesai mengetik script diatas maka tampilan yang di dapat akan seperti pada gambar dibawah ini.










Sebelumnya untuk menjalankan program tersebut kalian harus mengsetnya terlebih dahulu, yaitu dengan cara klik->Web Pages->web-inf->web.xml lalu pilih page dan isikan page tersebut sesuai dengan file yang ingin kalian munculkan ketika project pertama dijalankan contohnya disini yaitu โ€˜Loginโ€™







Jika sudah di setting maka klik kanan pada project lalu pilih->run maka akan muncul tampilan login seperti gambar diatas.

2.    FORM CRUD

Selanjutnya kita buat untuk tampilan formnya, caranya sama seperti langkah pembuatan login diatas. Berikan nama file servletnya โ€˜Formโ€™ lalu ketikan script dibawah ini.













Sama seperti login, script diatas adalah component/plugin yang diperlukan untuk membuat form crud ini. Lanjutkan script di bawah ini.


















Fungsi dari script hastable diatas untuk menyimpan data kedalam table tetapi hanya bersifat sementara artinya tidak menggunakan database, sedangkan script dari string nim,nama dll adalah string yang diperlukan untuk mengambil value dan menampilkan data apa saja yang ingin kita munculkan di hastable.
Lanjut ketikan script dibawah ini gan.










Sama seperti diatas, Fungsi dari script diatas adalah untuk menge cek session logout dan login, jika kalian belum login maka akan terus di redirect ke form login. lanjut ketikan script dibawah ini.












Fungsi dari script string delete dan update diatas yaitu kita membuat generate link yang akan digunaka pada delete dan update yaitu โ€œdelโ€ dan โ€œupdโ€. Sedangkan script yang dibawahnya adalah fungsi untuk mendelete data atau script deletenya :D. Selanjutnya ketikan kembali script dibawah ini.










































Fungsi dari script diatas adalah fungsi dari script edit, data yang diambil ketika di edit adalah sesuai idnya, adapula fungsi dari equal untuk mengecheck radio button dan checkbock. Sedangkan maksud dari else yang terakhir itu jika datanya tidak dipilih maka kosong. Selanjutnya ketikan kembali script dibawah.
















Script diatas adalah script dari tampilan form input yang akan digunakan, adapun fungsi string dibagian script terakhir berfungsi untuk mengambil parameter nilai yang diketikan ketika data di edit. Lanjut kembali ketikan script selanjutnya.


Script diatas adalah header data table yang akan digunakan.



Script diatas berfungsi untuk validasi, jika datanya kosong atau tidak lengkap maka datanya tidak bisa disimpan



























Fungsi dari script diatas adalah untuk menampilkan data kedalam hastable sesuai dengan inputannya, dan programpun sekarang sudah bisa dijalankan :D.
Klik->Kanan pada project lalu pilih Run.

Dan untuk tampilan pada formnya serta file projectnya nanti saya update ๐Ÿ˜€ maklum gan datanya ketinggalan -.-
Dan terimakasih sudah berkunjung ke blog saya semoga informasi ini bermanfaat.

49 thoughts on “Crud Login Dengan Java Servlet

  1. There are lots of information about latest technology and how to get trained in them, like Hadoop Training in Chennai have spread around the web, but this is a unique one according to me. The strategy you have updated here will make me to get trained in future technologies Hadoop Training in Chennai By the way you are running a great blog. Thanks for sharing this blogs..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *