Cara Import Database Mysql dari Command Prompt [CMD]

Hallo, Kali ini saya akan kasih info bagaimanasih import database mysql dari cmd ? terus kenapa kok mesti dicmd, bukannya bisa langsung di phpmyadminnyaya ? sebenernya teman – teman sekalian import database dari mysql melalui cmd ini sebaiknya digunakan ketika data dari sql tersebut besar.

Karena import langsung dari phpmyadmin sendiri hanya sekitar 2 megabite (mb) jadi lebih dari itu kalian tidak bisa mengimportnya melalui phpmyadmin, dan salah satu alternatifnya ini menggunakan Command Prompt atau yang sering disingkat CMD.

Ok langsung saja kita praktekan, pertama kalian buka dulu commant prompt kalian dengan cara mengetikan cmd search startup windows kalian seperti gambar berikut.






















Kalo sudah terbuka cmdnya maka sekarang cek dulu ada dimana kalian menyimpan folder xampp kalian ? apakah di disk c atau d atau yang lainnya, kalo kalian menyimpannya pada disk d, maka kita harus masuk dulu kedalam disk d. Contohnya disini folder xampp saya berada di disk d maka ketikan code berikut di cmd kalian agar masuk ke disk d.

Ketik d:














Setelah masuk ke disk d, maka sekarang kita akan masuk ke dalam xamppnya ketikan
cd xamppmysqlbin














Selanjutnya ketikan mysql –u root –p [password xampp kalian] [nama database_kalian] contoh disini saya menggunakan test_db dan tidak memakai password maka
myql –u root –p test_db lalu kalian enter dua kali maka tampilan dari cmd kalian akan seperti gambar berikut.














Selanjutnya ketikan use test_db [nama database kalian]














Dan terakhir ketikan source d:file.sql file sql merupakan sql database yang akan saya import dan letaknya ada di disk d. Jadi sesuaikan dengan disimpan dimana file sql kalian yang akan di import lokasinya, jika sudah tingga tekan enter maka sql tersebut akan terimport ke database yang sudah kalian buat.














Jika sudah sekarang kalian cek database kalian apakah benar sudah terimport. Dan selesailah sudah bagaimana cara import database mysql ini menggunakan cmd, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi teman – teman semua. Terimakasih sudah berkunjung di blog saya bila ada yang ditanyakan bisa menginggalkannya di kolom komentar. 🙂

One thought on “Cara Import Database Mysql dari Command Prompt [CMD]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *