Tips Mengganti Template Blog yang Baik

Mengganti sebuah template blog tentunya sudah menjadi kebutuhan bagi seorang blogger, untuk memaksimalkan tampilan blognya, dan banyak juga artikel-artikel tentang mengenai cara mengganti template blog, yang bisa kalian temukan di mesin pencarian google.

Tetapi artikel tersebut terbilang sama saja, seperti backup terlebih dahulu script template kalian dan setelah itu masukan template baru yang ingin dipakai. memang cara itu benar, tetapi sebaiknya kalian memperhatikan terlebih dahulu struktur kode dari template yang akan kalian gunakan.

Nah oleh karena itu maka disini saya akan membahasnya. mengenai tips mengganti template blog yang baik dan benar tentunya, karena yang baik belum tentu benar haha :D.
  1. Jika kalian sudah memiliki template baru yang ingin kalian pasang di blog kalian, maka sebaiknya jangan langsung ganti terlebih dahulu template dari blog kalian, coba cek template yang akan kalian pakai tersebut di google structure data testing tool. bisa kalian klik linktersebut.
kurang lebih seperti ini bentuknya.
    2. Selanjutnya kalian ambil url template yang akan digunakan atau copy source code dari template
        dan masukan kedalam tool tersebut, maka bisa kalian lihat hasilnya apakah template tersebut
        sudah bagu dari structur data alias tidak eror, contohnya seperti gambar dibawah.
salah satu template yang saya test.
    3. Kalo memang tidak ada error pada template yang akan dipakai, barulah kalian boleh mengganti
        template blog milik kalian. Buka menu Template->Edit HTML backup source code template  
        lama kalian dan paste source code template yang baru.
        
Maka berhasil sudah pemasangan template baru tadi. Tapi perlu diingat, jika kalian memiliki widget yang menggunakan html/javascript sebaiknya di backup dulu juga, agar pas pergantian template blog kalian dengan yang baru, widget tersebut tidak hilang.
Selesai sudah pembahasan mengenai blog kali ini, semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman semua. terimakasih telah berkunjung ke blog saya dan jangan lupa untuk terus mampir 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *