5 Manfaat Pendidikan Akhlak Bagi Anak

Pendidikan akhlak bagi anak sangat penting karena dapat menunjang perilaku yang baik hingga usia anak dewasa. Pendidikan Akhlak bisa didapatkan melalui sekolah umum namun memang tidak sebanyak yang bisa didapatkan dibanding sekolah khusus seperti Pesantren. Akhlak merupakan sebuah keadaan batin seseorang yang menghasilkan perilaku yang identik dengan keteraturan, disiplin hingga kebersihan yang dilakukan tanpa berfikir untuk mendapatkan untung atau rugi. Hal-hal mendasar tentang akhlak dapat diajarkan sejak anak usia dini. Sebagai contoh mengajak anak untuk selalu bersyukur dengan mengucapkan Alhamdulillah, mengajarkan anak selalu mengucapkan salam ketika masuk rumah dan masih banyak lagi.

Khusus di Negara islam Pendidikan akhlak merupakan hal dasar yang utama, karena tanpa Akhlak sebuah Negara bisa tidak teratur bahkan rusak moral masyarakat. Hal tersebut dikarenakan prinsip yang dijunjung sebagian masyarakat islamnya yang lebih memilih anaknya memiliki Akhlak yang baik namun pendidikan formalnya kurang dibandingkan bila yang terjadi sebaliknya. Apa saja manfaat pendidikan akhlak bagi anak? berikut uraiannya lebih lengkap, antara lain :

– Mengajarkan anak tentang etika sosial dan sopan santun terhadap sesamanya.

– mengajarkan Anak tata cara yang baik dalam bersikap ketika makan maupun aktivitas lainnya.

– Mendidik anak untuk senantiasa tenang dalam menghadapi permasalahan dalam hidupnya ketika dewasa dan tidak mudah putus asa.

– Tidak mudah tertipu dan tergoda manisnya kehidupan dunia yang dapat ditemukan anak di masa mendatang.

– Tidak mudah terguncang dengan adanya perubahan situasi dalam kehidupan.

Dengan memahami manfaatnya tersebut, maka dapat dipastikan setiap orang tua mengharapkan anaknya bisa mendapatkan keadaan batin yang menghasilkan akhlak yang baik dan bisa mendapatkan manfaat tersebut. Mengingat usia anak yang dapat diajarkan hal dasar akhlak yang baik adalah mulai dari usia 2 tahun dimana memori anak saat itu sangat kuat dalam menerima hal-hal baik yang diajarkan dan akan diingat hingga dewasa. Oleh karenanya sebagai orang tua harus dapat menjaga sikap baik dari perkataan hingga perbuatannya sehingga dapat dijadikan contoh yang baik pula bagi anak. Dengan cara tersebut merupakan cara mendidik yang baik secara tidak langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *