Aplikasi Download Manager Android Terbaik Saat Ini

Ternyata aplikasi download manager android itu ada. Padahal selama ini yang kita tahu hanyalah download manager bawaan android. Kita bertahan menahan rasa sabar dengan proses download yang sangat lambat jika kita download via smartphone. Terlebih lagi, jika koneksi tiba-tiba down, proses download file gagal dan kita harus mengulangnya dari awal. Kalau filenya berukuran kecil sih tidak masalah, tapi kalau filenya berupa video film? Rasanya ingin banting smartphone saja.

Selama kita masih menggunakan download manager bawaan smartphone, tidak ada jalan untuk megatasi masalah tersebut. Tetapi lain cerita jika kamu mengijinkan pihak ketiga untuk masuk ke dalam smartphone kamu. kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengganti download manager bawaan ke aplikasi download manager pihak ketiga.

Aplikasi Download Manager Android Terbaik

Seperti yang saya katakan tadi, ada beberapa aplikasi download manager untuk android. dengan aplikasi ini, proses download jadi lebih mudah dan cepat. Mudah karena beberapa aplikasi memungkinkan kamu melakukan download beberapa file dalam satu waktu. Terlebih juga, proses download bisa kamu pause. Jadi ketika baterai down atau jaringan down, kamu bisa pause terlebih dahulu agar tidak mengganggu kinerja smartphone kamu. Baru saat semua sudah kembali normal, kamu bisa jalankan kembali proses download kamu.

Tapi ya namanya aplikasi dari pihak ketiga, kamu tetap harus hati-hati dan pilah-pihah. Sebab aplikasi dari pihak ketiga biasanya rawan dengan serangan spam dan virus maupun malware. Dan untuk kali ini, saya punya beberapa aplikasi download manager untuk android yang bekerja cukup baik. Bisa buat proses download jadi lebih cepat dan bisa kamu pause juga. Apa nama aplikasi itu?

  1. Internet Download Manager

Di nomor pertama, meski bukanlah yang terbaik di antara yang lain ada nama Internet Download Manager. Ia adalah software download manager yang yang telah lama sukses menjadi downloader untuk Laptop atau PC. Kini ia telah merambah ke OS lain, termasuk juga hadir di Android.

Cara kerja aplikasi Internet Download Manager untuk android hampir sama dengan untuk PC/Laptop. Ia mampu membuat proses unduhan menjadi lebih cepat dan mendukung fitur pause. Jadi dengan begitu, kamu bisa menghentikan dan melanjutkan proses download di lain kesempatan. Kelebihanya lagi, ia mampu download berbagai jenis file. Termasuk juga video.

  1. UC Browser Mini

Sebenarnya aplikasi ini bukanlah downloader. Ia sebenanya adalah browser yang melakukan proses kompresi pada setiap website yang dibuka menggunakan UC Browser Mini. Tujuanya agar proses browsing yang kamu lakukan menjadi lebih cepat dan rendah penggunaan kuota. Dengan begitu juga berdampak pada koneksi internet kamu yang jadi lebih stabil. Sehingga proses download pun jadi lebih cepat. Tentu saja, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk download berbagai jenis file, juga dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Tetapi memang tidak ada fitur pause.

  1. Advanced Download Manager

Kalau kamu butuh alternatif lain selain IDM, kamu bisa coba aplikasi yang satu ini. fungsi dan cara kerjanya hampir sama dengan Internet Download manager di Nomor 1. Termasuk juga fitur pause dan memungkinkan ia untuk download file dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Jadi terserah kamu mau pakai yang mana.

  1. Download Accelerator Plus

Yang berikutnya juga tak jauh beda dengan nomor 3. Sama –sama bisa kamu gunakan sebagai aplikasi downloader android. hanya saja, cara kerja aplikasi ini adalah dengan membagi file menjadi beberapa bagian. Terlebih ukuran file aplikasi ini juga sangat ringan. Hanya 1.3 MB.

Nah itulah beberapa aplikasi download manager android dari pihak ketiga yang bisa meningkatkan kecepatan download kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *