Bahan Alami untuk Membuat Jamu Tradisional Asam Urat


Jamu tradisional yakni jamu yang dibuat dari bahan – bahan alami yang mungkin cukup mudah ditemukan disekitar rumah anda. Keberadaan rempah – rempah yang cukup melimpah di negri kita Indonesia ini haruslah banyak kita syukuri yakni salah satunya dengan memanfaatkannya menjadi sebuah olahan yang bermanfaat.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari rempah – rempah. Selain sebagai bumbu masakan, rempah-rempah juga dapat dijadikan sebagai bahan obat salah satunya adalah jamu tradisional asam urat yang ada saat ini. Penyakit asam urat ini tentunya sudah sering kita dengar, terutama orang-orang yang sudah berusia 30 tahun keatas. Adapun bahan – bahan untuk pembuatan jamu tradisional ini cukup mudah ditemukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Jahe Merah

Jahe adalah salah satu jenis rempah – rempah yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu salah satunya dapat digunakan untuk meringankan hingga menyembuhkan penyakit asam urat. Perbanyaklah mengkonsumsi jahe baik dikonsumsi secara langsung ataupun dalam bentuk olahan, yang tujuannya agar dapat meringankan rasa nyeri yang disebabkan oleh penyakit asam urat. Karena jahe dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan jumlah asam urat yang menumpuk dalam persendian yakni dengan cara memperlancar sirkulari darah.

  1. Daun Sledri

Daun sledri memiliki kandungan yang cukup banyak dan semuanya bermanfaat bagi tubuh kita. Daun ini mengandung asam lemak esensial,  klorin, mangan, fosfor, inositol, sulfur, folat, selenium, potasium, vitamin B1 dan vitamin A. Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, daun sledri ini juga bermanfaat untuk kesehatan yaitu salah satunya dapat menyembuhkan penyakit asam urat, caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut:

Pertama, Sediakan 2-3 gram sledri (secukupnya), setelah itu rebus dengan air bersih 110 ml selama 15 hingga 25 menit atau hingga mendidih. Kemudian disaring untuk memisahkan antara ampas dan sarinya. Selanjutnya anda dapat meminum jamu tradisional ini sebanyak 1 kali per hari secara teratur.

Demikianlah artikel tentang obat asam urat alami yang bisa membantu menyembuhkan penyakit asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *