Trik Libur Menyenangkan di Kota Hujan, Bogor


Bogor selain dikenal sebagai Kota Hujan. Kini, dikenal pula sebagai kota terburuk kedua di dunia akibat lalu lintasnya. Namun, hal tersebut tetap tak menyurutkan para wisatawan domestik ataupun luar untuk menikmati objek-objek wisata di Kota Bogor.

Dilansir dari bisniswisata.co.id, terbukti selama tahun 2016, Disbudparekraf Kota Bogor, Jawa Barat, mencatat jumlah kunjungan wisatawan mencapai 5.262.233 orang yang didominasi wisatawan domestik sedangkan 244.646 untuk wisatawan mancanegara.

Meskipun Bogor terkenal macet dan kerap hujan, Anda masih bisa bersenang-senang asalkan mengetahui trik-triknya seperti di bawah ini:

  1. Susun rencana Perjalanan

Di kota yang kendaraannya masih belum padat, mungkin Anda bisa menentukan destinasi wisata saat tiba di tujuan. Lain halnya jika di Bogor, sebaiknya tentukan terlebih dulu destinasi wisata yang akan dikunjungi. Jika Bogor dalam keadaan macet, objek wisata yang bisa Anda kunjungi mungkin satu atau dua lokasi. Namun, jika berdekatan bisa sampai tiga lokasi. Buat juga plan A dan B, jika hujan jangan memaksakan diri untuk berlibur ke objek wisata outdoor.

Membuat rencana perjalanan pun membuat liburan Anda menjadi lebih mudah dan terkontrol. Sehingga Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk berangkat.

  1. Tentukan Transportasi

Jika Anda berada dari luar kota Bogor, transportasi yang bisa dijadikan pilihan misalkan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, travel, ataupun bus. Saat menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan optimal. Periksa kembali kondisi ban dan rem. Lebih baik Anda membawa cadangan ban dan memiliki nomor telepon servis terdekat. Pun begitu jika Anda menggunakan transportasi umum, pilihlah kondisi kendaraan yang masih layak pakai agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Jika berada di luar pulau, pesawat adalah transportasi yang tepat untuk digunakan. Anda dapat melakukan reservasi tiket pesawat dari kota asal ke Bandara Soekarno Hatta. Dari Bandara Soekarno Hatta ke Bogor dapat ditempuh selama 1,5 jam dengan berkendara dan kondisi lalu lintas normal.

  1. Sedia Payung dan jas hujan

Tak ingin bukan jika sedang asyik-asyiknya jalan-jalan, tiba-tiba turun hujan dan waktu pun habis digunakan untuk meneduh? Untuk berjaga-jaga sebaiknya sediakan dan bawa ke mana saja payung. Agar tidak menyita ruangan tas atau koper, Anda dapat membawa payung lipat. Pun begitu jika menggunakan kendaraan bermotor sediakanlah jas hujan. Apalagi jika Anda hendak pergi ke daerah Ciawi, yang dikenal sebagai salah satu daerah di Bogor yang memiliki curah hujan tinggi. Jika hujan begitu deras serta disertai angin kencang lebih baik berhenti sejenak hingga menunggu hujan reda, meskipun membawa payung atau jas hujan.

  1. Pahami Rute Jalan dan Siapkan Jalur Alternatif

Salah satu penyebab kemacetan di Kota Bogor karena padatnya angkutan umum (Angkot). Bayangkan saja di Kota Bogor terdapat 20 trayek angkot.Hal tersebut juga pasti akan membuat bingung para wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi . Agar tidak salah jurusan sebaiknya cari tahu terlebih dulu rute angkot yang akan digunakan. Anda dapat bertanya ke angkot di tempat atau melihat trayek angkotan umum Bogor di situs resmi pemerintahan Bogor.

Sedangkan jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan smartphone Anda telah memiliki aplikasi map untuk memudahkan menemukan rute jalan ke tempat wisata. Selain itu cari tahu juga rute jalan alternatif menuju objek wisata. Hal ini ampuh untuk mengefektifkan waktu. Misalkan saja jika Anda hendak menuju arah puncak, bisa menggunakan jalan Achmad Adnawidjaya dari arah Cibinong.

  1. Cicipi Khas Kuliner Kota Bogor

Jika malas mengantre untuk masuk ke objek wisata, Anda bisa mengalihkan untuk berwisata kuliner terlebih dulu. Di berbagai penjuru Kota Bogor Anda dapat menemukan kuliner Bogor yang bervariasi dan harga bersahabat. Salah satu kuliner yang patut dicoba yakni Bapatong (Bakso Kupat Gentong).

  1. Persiapkan Akomodasi dengan Detail

Pernah merasakan saat berlibur kesusahan mendapatkan penginapan? Hal tersebut biasanya kerap terjadi jika saat high season seperti akhir pekan, libur hari raya, libur sekolah atau long weekend. Sebaiknya, agar liburan tetap nyaman dan dapat segera beristirahat, lebih baik pesan hotel dari jauh hari. Anda dapat mencari daftar hotel di Bogor melalui Reservasi.com yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Saat memesan hotel melalui reservasi.com, Anda akan mendapatkan daftar hotel secara rinci mulai dari harga, fasilitas yang didapatkan serta lokasi detailnya. Selain memesan hotel melalui layanan sosial, Anda pun dapat meminta referensi dan sanak saudara atau kerabat yang pernah berlibur ke Bogor.

Jika Anda membawa bayi, tanyakan juga apakah kamar hotel yang disediakan bebas asap rokok dan meyediakan baby bed atau peralatan bayi lainnya karena beberapa hotel menyediakan jika diminta. Saat membawa bayi, sebaiknya carilah hotel yang memiliki taman bermain atau kolam, agar Anda tetap bisa membawa bayi berjalan-jalan saat bosan di kamar hotel.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *