5 Jenis Makanan Pembersih Paru-paru Bagi Para Perokok


Sudah pasti bahwa merokok merupakan trend lifestyle pria dan kini banyak juga wanita yang menjadi perokok. Meskipun cenderung tidak sehat, namun di sisi lain para perokok sangat sulit untuk meninggalkan kebiasaan yang satu ini. Untuk menjembataninya, supaya merokok tidak mengundang penyakit berbahaya, ada beberapa makanan yang bisa Anda manfaatkan guna membersihkan paru-paru Anda.

Kebiasaan merokok sudah pasti akan membuat paru-paru tercemar. Bahkan sebenarnya tidak hanya paru-paru saja, namun yang paling besar terkena dampak dari merokok adalah paru-paru.

Untuk menjaga paru-paru Anda supaya tetap besih, ada beberapa makanan pembersih paru-paru yang bisa Anda manfaatkan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Jahe

Kandungan zat antiseptik dan juga antibakteri pada jahe ini ternyata memiliki kemampuan untuk melancarkan saluran bronkial pada paru-paru, sehingga bisa menghilangkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok. Selain itu jahe ini juga bisa membuat rongga pernapasan terasa lebih lega.

  1. Jeruk Bali

Jeruk bali ini dikenal kaya akan antioksidan sehingga bisa membantu tubuh untuk melawan sel kanker dan juga membersihkan paru-paru. Selain itu, jeruk bali ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang memiliki kemampuan untuk menghambat kinerja dari enzim tubuh yang mengaktifkan sel kanker pada paru-paru.

  1. Makanan yang Mengandung Zat Selenium

Zat selenium ini merupakan mineral yang memiliki kemampuan untuk merangsang enzim. Bersama vitamin E selenium ini dapat memperkuat organ paru-paru. Jika kandungan selenium ini banyak maka secara otomatis kandungan sel kanker akan menurun. Untuk beberapa makanan yang kaya akan kandungan selenium seperti keju, telur, jamur, daging sapi, gandum, kepiting, ikan salom, dan kedelai.

  1. Delima

Buah delima ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan suplai darah serta menghilangkan zat beracun dari paru-paru. Untuk itulah ekstrak buah delima ini bisa membantu Anda membersihkan paru-paru.

Apalagi buah delima ini ternyata mengandung tingkat oksidan tertinggi jika dibandingkan dengan teh hijau dan buah anggur. Tidak hanya itu saja, buah delima ini juga memiliki khasiat membersihkan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh.

  1. Buah Berry

Blueberry, blackberry, atau raspberry bisa Anda konsumsi untuk merawat paru-paru. Zat karotonoid, flavonoid, zeaxanthin, dan lutein yang terkandung pada buah berry ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan karsinogen dari paru-paru.

Itulah 5 jenis makanan yang memiliki kemampuan sebagai pembersih paru-paru. Meskipun Anda perokok, upayakan untuk mengimbanginya dengan melakukan gaya hidup sehat seperti ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *