Ajak Si Kecil Berolahraga? Ini 10 Manfaat yang Bisa Mereka Dapat!

Olahraga tak hanya bermanfaat bagi orang dewasa yang ingin menjaga kesehatan. Bagi anak-anak, olahraga juga punya manfaat yang sama. Nah, di bawah ini akan dibahas 10 manfaat dari berolahraga untuk anak-anak yang bisa mereka dapatkan.

Anda tak perlu takut anak Anda bau keringat setelah berolahraga. Sekarang, hadir DOREMI Thomas & Friends yang jadi solusinya. Anak-anak akan senantiasa wangi dan segar seperti halnya yang dikampanyekan #GreatAdventureAwaits DOREMI. Selain bermanfaat, berolahraga juga bisa menjadi petualangan seru bagi mereka.

  1. Meningkatkan Kesehatan

Menurut sebuah penelitian di Centers for Disease Control, saat ini banyak anak-anak yang mengalami masalah kesehatan terlebih obesitas. Untuk mencegah anak Anda terkena masalah kesehatan ini, Anda bisa membawa mereka berolahraga. Aktivitas fisik ini akan membantu mereka membakar kalori yang tak dibutuhkan tubuh dan menjauhkan dari obesitas.

  1. Meingkatkan Kecerdasan

Anak yang gemar berolahraga menurut para peneliti di Michigan State University’s Institute akan lebih cerdas dibandingkan yang tidak. Mereka mengungkapkan bahwa olahraga bisa membuat mereka lebih berkonsentrasi pada tugas dan bisa mengatur waktu hingga lebih efektif.

  1. Sportif

Kalah atau menang dalam sebuah permainan adalah hal yang biasa. Namun, dengan berolahraga, anak-anak diajarkan untuk bisa menghargai kekalahan dan kemenangan dengan sportif. Mereka bisa menjabat tangan lawan tanpa peduli hasil yang didapatkan. Kebiasaan ini nantinya bisa mereka bawa hingga dewasa.

  1. Sarana Sosialisasi

Bagi anak yang minder atau kurang percaya diri, olahraga bisa jadi sarana sosialisasi yang baik. Mereka bisa meningkatkan kepercayaan diri dan bergaul dengan tim olahraganya. Tim olahraga biasanya menawarkan kekompakan dan persahabatan sehingga anak-anak bisa lebih terbuka.

  1. Percaya Diri

Manfaat selanjutnya dari olahraga adalah anak bisa membangun kepercayaan dirinya lebih baik. Apalagi bila mereka berhasil menorehkan prestasi. Olahraga memberikan kesempatan pada anak untuk belajar, berprestasi serta berpikir positif tentang diri mereka dan apa yang mereka bisa lakukan.

  1. Mengajarkan Kerjasama

Beberapa jenis olahraga berkelompok seperti sepakbola atau voli mengajarkan untuk bekerja sama bila ingin mendapatkan hasil yang baik. Nah, ini bisa membuat anak Anda melatih kemampuannya untuk bekerjasama dengan orang lain dan melakukan apa yang terbaik untuk timnya.

  1. Membantu Menentukan Target

Aku harus menang! Biasanya target seperti ini ada dalam sebuah pertandingan olahraga baik dewasa maupun anak-anak. Nah, melalui kegiatan ini, anak-anak akan diberikan pengalaman berharga tentang menentukan tujuan hidup baik jangka panjang maupun jangka pendek sesuai yang mereka inginkan.

  1. Membina Ketekunan

Anak-anak yang mengikuti kegiatan olahraga biasanya akan tekun menjalaninya. Mereka senantiasa berlatih untuk mencapai yang mereka mau. Dalam olahraga ini, mereka juga akan terlatih sabar menghadapi luka, kekecewaan dan kekalahan dengan tenang dan terus berusaha di pertandingan berikutnya.

  1. Menghindari Tindak Kriminalitas

Daripada anak Anda keluyuran bersama teman-temannya ke sana-sini, Anda bisa memasukkan mereka ke kelas olahraga yang mereka inginkan. Menghindari keluyuran kemana-mana juga bertujuan menghindarkan anak Anda dari tindak kriminalitas yang saat ini sering terjadi. Anak Anda jadi punya kesibukan yang berarti.

  1. Memberi Kebahagiaan

Bagaimanapun, olahraga adalah permainan. Jika menang pastinya anak Anda akan merasakan kebahagiaan. Walaupun Anda tidak mengikutkan mereka pada kejuaraan olahraga, Anda juga bisa membuat mereka bahagia dengan melakukan aktivitas fisik ini bersama-sama.

Olahraga ternyata tak hanya bermanfaat bagi orang dewasa tapi juga anak-anak. Mereka bisa mengembangkan banyak hal dengan berolahraga serta melatih mental mereka di masa depan. Anda tak perlu takut mereka kusam, kotor atau berkeringat sehabis berolahraga karena ada perawatan tubuh anak DOREMI Thomas & Friends yang akan selalu memberikan kesegaran pada mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *