3 Hal Yang Menjadi Penyebab Seseorang Tidak Bisa Menempuh Pendidikan Secara Optimal

Masa remaja adalah masa dimana seseorang yang tengah tumbuh dewasa yang sedang bermetamorfosis dari masa kecilnya ke masa dewasanya. Dimana seseorang ini akan mengalami perubahan baik secara fisik ataupun secara psikis. Begitupun dengan pendidikannya, tentunya seseorang yang tengah tumbuh dewasa ini setiap tahun nya akan naik jenjang pendidikannya. Seseorang ini akan menempuh pendidikan mulai dari PAUD hingga Universitas setelah dia tumbuh dewasa. Untuk seseorang yang beruntung mungkin akan mengalami semua jenjang pendidikan tersebut. Namun kadang kita menemui seseorang yang tidak menempuh pendidikan secara optimal. Tidak sedikit kita temui beberapa orang yang hanya menempuh pendidikan hanya sampai tingkat SMP saja. Ada 3 hal yang menjadi penyebab seseorang tidak bisa menempuh pendidikan secara optimal diantaranya adalah :

  1. Ekonomi

Seseorang yang tumbuh dewasa dalam keluarga yang miskin atau kurang mampu biasanya tidak bisa menempuh pendidikan secara optimal. Sebagi contoh seseorang yang hanya bisa sekolah sampai tamatan SMP saja karena orangtuanya tidak mampu membiayai jika seseorang ini harus melanjutkan ke SMA.

  1. Pergaulan Yang Salah

Seseorang yang tengah tumbuh dewasa sangat rawan dengan pengaruh negatif dari pergaulan yang tidak baik. Jika seseorang ini tidak bisa membawa dan menjaga dirinya dengan baik maka seseorang ini akan mudah terbawa ke arus yang bisa menyesatkan mereka. Sebagai contoh seseorang ini harus putus sekolah karena hamil di luar nikah atau juga masuk penjara karena terjerat narkoba.

  1. Malas Sekolah

Malasnya untuk bersekolah bisa menjadi penyebab seseorang yang sedang tumbuh dewasa tidak melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Sering kita temui seseorang ini tumbuh dalam keluarga yang mampu untuk seseorang ini sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Tapi karena keinginan untuk bersekolahnya kurang sehingga seseorang ini memilih untuk putus sekolah.

Itulah 3 hal yang menjadi penyebab seseorang tidak bisa menempuh pendidikan secara optimal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *