2 Hal Yang Menyebabkan Seorang Anak Tidak Memiliki Akta Kelahiran


Pentingkah seorang anak memiliki sebuah akta kelahiran? Mempunyai akta kelahiran untuk setiap anak tentunya sangat penting sekali. Ketika si anak ini sudah mulai masuk usia sekolah maka persyaratan yang harus dilengkapi salah satunya adalah dengan menyertakan akta kelahiran si anak. Sehingga ketika si anak tidak mempunyai akta kelahiran maka biasanya orangtuanya akan kesulitan untuk bisa memasukkan anaknya ke sebuah sekolah.

Selain itu juga ketika si anak ini sudah dewasa maka ketika akan mengajukan sebuah persyaratan lamaran pekerjaan, biasanya ada perusahaan yang mengharuskan calon pelamarnya itu menyertakan akta kelahirannya. Sehingga ketika si anak ini tidak  mempunyai akta kelahiran maka tentunya akan kesulitan untuk melamar pekerjaan ke sebuah tempat. Jika akta kelahiran ini penting untuk kehidupan seorang anak, kenapa masih saja ada anak yang tidak memiliki akta kelahiran? Ada 2 hal yang menyebabkan seorang anak tidak memiliki akta kelahiran diantaranya yaitu :

  • Orangtua Dari Anak Ini Menikah Secara Siri

Ketika orangtua dari seorang anak menikah secara siri maka si orangtua ini tidak akan mempunyai surat nikah. Karena syarat membuat akta kelahiran itu adalah adanya surat nikah orangtua. Sehingga ketika si orangtuanya tidak mempunyai surat nikah maka si anak ini akan kesulitan untuk bisa mendapatkan sebuah akta kelahiran. Itulah salah satu kerugian jika seseorang melakukan sebuah pernikahan tidak tercatat secara hukum. Hal ini tentunya akan mempengaruhi untuk kehidupan anaknya kelak.

  • Akta Kelahirannya Hilang

Orangtua dari si anak ini mungkin saja dulu telah membuat akta kelahiran untuk si anak. Begitu si anak dilahirkan maka si orangtuanya langsung membuatkan akta kelahiran. Namun karena beberapa faktor penyebabnya sehingga akta kelahiran si anak itu hilang. Faktor penyebab hilangnya akta kelahiran seorang anak itu misalnya akta kelahirannya itu jatuh di suatu tempat setelah difotocopy, atau juga si orangtuanya lupa menyimpannya karena pindahan rumah, atau juga aktanya ini tidak ada karena terjadinya suatu musibah misalnya kebakaran atau juga kebanjiran.

Itulah 2 hal yang menyebabkan seorang anak tidak memiliki akta kelahiran. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *