Keju Edam Yang Harum Dan gurih


Keju panganan dari olahan susu yang sudah tidak asing lagi bisa kita temukan di banyak makanan. Seperti Pizza, Pasta, Snack bahkan di fusion bersama makanan tradisional seperti ayam geprek kekinian. Keju konon katanya ditemukan oleh pengembara dari arab secara tidak disengaja.  Bukan hany dari susu sapi saja, Keju bisa terbuat dari susu Unta, Susu kambing ataupu susu kerbau.  Dengan metode pemisahan zat-zat padat yang ada dalam keju melalui proses pengentalan yang dibantu oleh bakteri atau enzim tertentu. Lalu proses tersebut akan dikeringkan lalu diawetkan dengan berbagai macam cara. Dari sebuah susu terciptalah berbagai macam varian produk keju. Dari yang kita kenal sebagai Keju kraft yang dijual di warung warung, Keju mozrella yang meleleh, Keju parmesan yang gurih, Serta bulatan Keju Edam yang bakalan sedikit di review di bawah ini.

Selain rasanya yang gurih. Keju mempunyai banyak kandungan yang dibutuhkan untuk tubuh kita, sangat cocok dikonsumsi oleh berbagai usia. Terutama anak anak yang mebutuhkan lebih banyak kalsium dan protein ketimbang orang dewasa.  Nah untuk keju edam  ini biasanya dibuat untuk pembuatan kue, mempunyai tekstur renyah dan gurih saat dgigit. Keju terbagi dalam dua bagian berdasarkan pembuatannya , yaitu keju segar dan juga keju padat. Keju segar tidak melalui proses pengepresan dan pemasaka, jadi bentuk dan teksturnya lebih seperti mentega yang bisa langsung dimakan. Sedangkan untuk kju padat sebaliknya, dibuat dengan melewati proses pemasakan serta pemanasan, lalu di press sampai proses pematangan.  Keju yang belum mempunyai kematangan yang sempurna atau belum betul betul matang disebut dengan keju muda.  Semakin lama disimpan keju akan mengalami proses pematangan dan akhirnya mengeras yang disebut sebagai keju tua. Biasanya keju tua bisa dinikmati dengan dipotong dan diiris serta dilelehkan.

Negara Negara di eropa seperti belanda, perancis, inggris dan spanyol adalah beberapa Negara yang menghasilkan keju. Tapi untuk masalah popularitas, Negara penghasil keju terbaik adalah Negara Belanda.  Keju yang terkenal dari belanda adalah  keju edam dan keju Gouda. Edam Dan Gouda adalah salah satu wilayah penghasil keju yan terkenal. Keju edam dan Gouda termasuk kedalam  keju muda dikarenakan usianya proses pemasakan nya yang singkat yaitu sekitar 4 bulan.

Keju Edam  menpunyai warna kuning terang dan dijual dalam bentuk bulat yang utuh atau sudah berupa potongan dengan lapisan lilin berwarna merah ataupun kuning.  Keju edam memiliki aroma yang khas yang beda dari keju keju lainya, dan mempunyai rasa yang sangat gurih. Keju edam sendiri sudah ada dari abad ke 14 lho. Serta di ekspor ke berbagai belahan dunia.  Karena keju edam  ini mempunyai tekstur yang keras, keju edam ini  bisa diparut sampai membembentuk butiran butiran halus. Makanya keju edam  ini di Indonesia sangat cocok untuk menjadi bahan utama  kue kering seperti  kastengeels, pada saat dipanggang keju ini akan memiliki tekstur dan aksen renyah krenyes.. krenyess ala kue kering, sisertai rasa yang gurih.

Keju Edam  cukup mudah dijumpai di Indonesia baik secara online ataupun di pasar tradisonal dan di pasar swalayan.Karena kualitasnya ini  harga keju edam cuku p mahal, jadi sebaiknya menggunakan keju edam ini harus bijak dan seperlunya saha. Jika habis pakai jangan lupa bungkus keju edam ini , karena setelah lapisan lilin nya dikupas keju edam mudah berjamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *