Berikut Ini 4 Tempat Wisata Alam Di Sumatra Utara Yang Indah Mempesona


Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena di Sumatra Utara ini banyak sekali tempat-tempat wisata alam yang indah mempesona, baik itu wisata berupa pantai, danau, gunung, dan lain sebagainya.

Untuk itu dalam artikel kali ini, sebelum kamu pesan hotel, tiket kereta murah, maupun pesawat. Kami akan memberikan informasi tentang 4 tempat wisata alam di Sumatra Utara yang indah mempesona sebagai berikut :

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri

Pantai Sorake dan Pantai Lagundri yang ada di Sumatra Utara ini sangat cocok bagi anda para pecinta olahraga air. Soalnya, kedua pantai tersebut telah telah dinobatkan sebagai sport surfing terbaik di dunia. Sehingga tidak heran kalau kedua pantai ini suka dijadikan sebagai lokasi kejuaraan surfing tingkat nasional maupun inernasional, salah satunya adalah Nias Open. Selain itu, kedua pantai ini memiliki kondisi gulungan ombak yang panjang dan menantang sehingga membuat para surfing semakin tertantang. Konon katanya kedua pantai ini memiliki ombak yang tinggi hingga mencapai 7 – 10 meter. Dan biasanya para peselancar dari berbagai dunia akan berkunjung ke pantai ini sekitar bulan April hingga September.

Salju Panas Tinggi Raja

Jika di Bandung Jawa Barat ada Kawah Putih Ciwidey, maka di Sumatra Utara ada Salju Panas Tinggi Raja. Konon kata ‘salju’ ini dipilih karena di tempat ini terdapat sebuah kawah yang didominasi dengan warna putih layaknya salju. Sedangkan kata ‘panas’ digunakan karena di tempat ini juga terdapat air berwarna biru kehijauan dan kawah yang bersuhu sangat panas. Untuk menuju ke tempat ini, anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari pusat kota Medan dengan menggunakan kendaraan. Jika berangkat dari Medan, anda akan melintasi kawasan Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang hingga Bangun Purba. Dan yang uniknya, untuk memasuki tempat wisata ini anda tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Namun jika anda membawa kendaraan pribadi, anda hanya cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000.

Air Terjun Sipiso-Piso

Tempat wisata yang dekat dengan pemukiman warga Desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo ini akan menawarkan pesona alam yang tentunya akan membuat decak kagum yang melihatnya. Dengan memiliki ketinggian 800 mdpl, sehingga tidak aneh kalau Air Terjun Sipiso-Piso ini dinobatkan sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi pancuran 120 meter. Lokasi tempat wisata ini juga sangat strategis dan mudah terjangkau, jaraknya hanya 35 KM dari Kota Brastagi atau sekitar 45 menit dari pusat Kota Medan dengan menggunakan kendaraan. Selain itu, jalur menuju ke tempat ini juga sudah cukup baik, sehingga bisa dilintasi oleh mobil maupun sepeda motor. Uang tiket masuknya juga sangatlah murah, anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 anda sudah bisa menikmati keindahan alamnya.

Taman Nasional Gunung Leuser

Perlu anda ketahui bahwa secara administratif tempat wisata ini berada di dua provinsi yang berbeda. Yakni provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Hal ini dikarenakan, tempat wisata yang satu ini memiliki luas area hingga mencapai 1.094.692 hektar. Selain itu, tempat wisata ini juga menyimpan berbagai cagar alam, seperti Taman Wisata Gurah, Suaka Margasatwa Kluet, Suaka Margasatwa Gunung Leuser, dan lain-lain. Bukan hanya itu, taman nasional ini juga menjadi salah satu situs wraisan dunia sesuai ketetapan UNESCO. Adapaun tiket masuknya adalah sebesar Rp. 7.500 untuk wisatawan domestik, dan Rp. 225.000 untuk wisatawan mancanegara.

Itulah 4 tempat wisata alam yang indah mempesona di Sumatra Utara. Semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *