Pinjam Uang Boleh, Tapi Hindari Hal Ini

https://lh5.googleusercontent.com/uNVcWCEA-XIA3ArFjKJov17txKllpbER6kO1GcJyjdZxash6i0htl0dkmny32kN18Tu6LqfK9Jh90ysxWpniGocQ0FWFjtT7Z1PRxH7Sfqjvv4fFvJVwvOR5aPlQzCLD3ej1BzZh

Pinjaman uang sebetulnya bukan hal yang tabu. Dalam dunia usaha, utang justru bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis hingga skala yang lebih besar lagi. 

Akan tetapi, ada hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan 

layanan pinjaman uang. Mengingat saat ini begitu mudah mengajukan pinjaman, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan.

1. Memenuhi Gaya Hidup Semata

Menjamurnya platform pinjaman uang justru malah dijadikan untuk memenuhi gaya hidup semata. Cara ini adalah cara yang salah dalam pengelolaan keuangan.

Utang tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif semata. Apalagi jika kebutuhan tersebut hanya untuk mengadu gengsi di lingkungan pergaulan. 

Untuk hal seperti ini sebaiknya dihindari saja. Sudah banyak contoh yang akhirnya terjerumus pada lubang utang sehingga sulit bisa melunasi kewajiban yang ada.

2. Digunakan untuk Membayar Utang

Akibat pengelolaan finansial yang kurang tepat, utang justru malah dibayar dengan utang. Cara ini juga tidak akan menyelesaikan masalah. 

Cara terbaik adalah dengan menjual aset yang ada untuk membayar utang atau merelakan tabungan. Kemudian berkomitmen tidak berutang lagi tanpa ada alasan yang jelas, apalagi jika digunakan untuk kebutuhan konsumtif.

3. Bunga Pinjaman yang Tinggi

Beberapa bank dan perusahaan memang memberikan kemudahan pinjaman. Mulai dari produk KTA hingga pinjaman online dengan pendaftaran yang instan.

Akan tetapi, sebagai konsumen, kamu perlu jeli dengan kemampuan finansial. Pilih yang bunganya memang sesuai dengan kemampuan. Buatlah tabel perbandingan untuk mencari mana yang cocok dengan kemampuan kamu. 

Dengan begitu kamu tetap bisa memenuhi kewajiban membayar cicilan setiap bulan dengan lancar sebelum jatuh tempo.

4. Mengabaikan Rasio Utang yang Aman

Beberapa debitur yang terjebak dengan utangnya sendiri terkadang mengabaikan rasio utang aman. Cara menghitung rasio utang yang aman sebenarnya sederhana sekali. Yaitu tidak boleh lebih besar dari sepertiga penghasilan bulanan.

Sebagai contoh, jika penghasilan kamu sebesar Rp3 juta per bulan, artinya total pinjaman uang yang bisa diajukan tidak boleh lebih dari Rp1 juta per bulan. 

5. Meminjam dari Perusahaan yang Belum Kredibel

Semakin banyak penawaran, justru kamu perlu lebih selektif dalam memilih perusahaan yang menawarkan kemudahan pinjaman yang instan.

Salah satu cara aman yang disampaikan oleh OJK adalah memilih perusahaan yang sudah terdaftar di OJK, digunakan sesuai dengan kebutuhan, serta memahami kontrak perjanjian dengan perusahaan kreditur.

Salah satu rekomendasi perusahaan pinjaman uang online yang sudah terdaftar di OJK seperti Kredivo yang memberikan bunga terjangkau hanya 2,95% saja per bulan dengan kredit limit hingga Rp30 juta.

Syaratnya pun cukup mudah dan cocok bagi fresh graduate dengan gaji UMR minimal Rp 3 juta per bulan. Pendaftaran tidak ribet kok, cukup unduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store.

Setelah itu tinggal ikuti saja prosedur pendaftarannya dengan sangat mudah.

  1. Buka aplikasi Kredivo
  2. Pilih akun Premium Reguler
  3. Foto KTP (Data harus terlihat jelas)
  4. Foto selfie diri dengan wajah terlihat jelas
  5. Upload dua dokumen bukti tempat tinggal ((STNK, tagihan kartu kredit/telepon/listrik/air, atau Kartu Keluarga)
  6. Upload dua dokumen bukti penghasilan (slip gaji, mutasi rekening 2 bulan terakhir, bukti potong pajak)
  7. Lengkapi data dengan benar
  8. Tunggu konfirmasi dalam waktu 1×24 jam

Kredivo punya dua produk pinjaman yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Plafon pinjaman mini mulai dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Sedangkan pinjaman jumbo mulai dari Rp1 juta hingga sisa kredit limit yang tersedia.

Kredivo juga bisa dikatakan sebagai super app finansial. Lewat Kredivo, kamu bisa bayar berbagai tagihan seperti tagihan listrik, telepon, dan pembelian token listrik serta pulsa dari berbagai operator.

Lewat Kredivo, mengajukan pinjaman bukan sesuatu hal yang sulit. Namun, kamu tetap harus mengingat cara aman ajukan pinjaman. Gunakan sesuai kebutuhan dan pilih cicilan sesuai dengan kemampuan finansial. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *