Cara Menggabungkan File PDF Menggunakan Google Drive

Cara Menggabungkan File PDF dengan Software


PDF merupakan jenis ekstensi file universal yang diciptakan oleh Adobe. Kelebihan file PDF adalah bentuk pemformatan, jenis font, gambar, grafik, warna dan komponen lainnya tidak bergantung pada platform yang digunakan. Pada awalnya, file PDF digunakan sebagai dokumen yang bisa dibagikan antar sistem operasi. 

Dokumen PDF seringkali ditemukan dipergunakan untuk flyer, majalah, brosur dan dokumen lainnya yang ingin mempertahankan format yang ada tanpa harus merubah file kembali. Ada sejumlah cara menggabungkan file PDF menjadi satu file saja. Di antaranya akan dijelaskan pada artikel ini.

Langkah pertama adalah membuka google drive anda. Silahkan daftar jika anda belum memiliki akun google drive. Cara daftarnya pun mudah, hanya dengan menggunakan akun google milik anda. 

Berikutnya, upload file-file PDF anda ke dalam satu folder di Google Drive. Pastikan, file-file tersebut berada dalam satu folder, jangan terpencar. Jika perlu bikin folder baru di Google Drive anda.

Pilih file-file PDF tersebut dan klik kanan pilih opsi Open With dan kemudian klik PDF Mergy. File-file yang sudah anda pilih tadi akan diimpor ke website PDF Mergy secara otomatis. Anda bisa menambahkan file dan juga mengatur urutan file menggunakan PDF Mergy. Selanjutnya anda bisa mendownload file PDF yang sudah digabung tersebut ke Google Drive atau ke komputer anda.

Cara Menggabungkan File PDF Menggunakan Ekstensi Browser

Secara online, anda juga bisa menggabungkan banyak file PDF menjadi satu file, dengan melalui Google Chrome. Ada beberapa tahapan yang anda perlu perhatikan. Yakni anda diharuskan menambahkan atau menginstall ekstensi add on PDF Merge di Google Chrome.

Install dan enable add on PDF Merge melalui chrome://extensions/. Buka aplikasi add on yang sudah di enable di sebelah kanan atas browser Chrome. Add on PDF Merge akan muncul di bagian kanan atas. Selanjutnya, silahkan drag and drop atau tambahkan file-file PDF ke kolom yang sudah disediakan. 

Jika file-file PDF sudah sesuai dengan yang anda inginkan, klik tombol merge. Anda juga bisa mengatur folder di mana file yang sudah digabungkan tadi akan di simpan. Tunggu beberapa saat hingga proses penggabungan selesai. Setelahnya, anda bisa klik Save As file yang sudah jadi untuk kemudian di download atau di unduh ke komputer anda. 

Cara Menggabungkan File PDF Menggunakan Software

Untuk metode ini, anda diwajibkan untuk mendownload sejumlah software penggabung file PDF di internet terlebih dahulu. Beberapa software penggabung file PDF yang direkomendasikan antara lain : PDFMate, A-PDF Merger, PDFSam, dan PDF Binder. Silahkan mendownload software-software tersebut terlebih dahulu. Anda bisa mencarinya dengan googling di Internet.

Pilih salah satu yang menurut anda cocok, karena pada dasarnya semua software tersebut sama dalam hal penggunaannya untuk menggabungkan file PDF. Instalasi selesai dilakukan, selanjutnya adalah membuka dan menjalankan software tersebut. 

Masukkan file-file PDF yang akan anda gabungkan tadi ke dalam kolom di software yang sudah tersedia. Urutkan file sesuai dengan keinginan anda, agar menjadi rapi saat digabungkan nantinya. Anda juga bisa mengatur folder untuk menempatkan file PDF hasil dari penggabungan nantinya. 

Pilih tombol combine, run atau sejenisnya pada software, dan tinggal menunggu proses sampai selesai. Biasanya membutuhkan beberapa menit untuk proses penggabungan. Tergantung dari spesifikasi komputer anda, semakin bagus maka semakin cepat juga prosesnya. Jika proses penggabungan sudah selesai, cek kembali file tersebut apakah sudah sesuai atau belum. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *