Highlight dan Hasil Pertandingan Ajax Liga Champions Matchday 1-4

Raksasa Belanda, Ajax bekerja keras untuk sampai ke fase penyisihan grup Liga Champion musim ini. Mereka tergabung dalam grup H bersama dengan Lille, Chelsea, dan Valencia. Banyak orang memperkirakan mereka dapat lolos ke babak selanjutnya setelah melihat performa kesebelasan tersebut di babak penyisihan. Selain itu pada musim lalu, mereka juga lolos hingga ke semifinal sebelum dikalahkan oleh Tottenham Hotspurs. 

Pada pekan pertama, mereka bertemu dengan Lille di Johan Cruijff Arena. Tampil di hadapan para penggemarnya membuat tuan rumah tampil maksimal. Mereka mendominasi bola sekaligus menekan tim lawannya dengan melepaskan beberapa serangan. Di menit ke-18 Quincy Anton Promer berhasil membuka keunggulan. Gelandang bernomor punggung 11 tersebut berhasil menyambut umpan matang dari Nicolas Tagliafico sehingga gol pun tak terelakkan. Tertinggal satu poin membuat tim tamu mempertajam serangan mereka, namun sayang usaha mereka belum berhasil untuk menerobos lini belakang tuan rumah. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0.

Memasuki babak kedua, klub berjulukan de Amsterdammers berhasil menggandakan skor. Selang lima menit interval kedua dimulai Edson Alvarez melesakkan satu gol ke gawang lawan. Tertinggal semakin jauh membuat Lille mencari peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Namun, Ajax justru kembali mencetak gol lewat Nicolas Tagliafio di menit ke-62. Kemudian ketika pertandingan segera berakhir, tim lawan baru menemukan cara untuk mengecoh tuan rumah. Mereka pun sempat tertekan sebentar sebelum wasit membunyikan peluit panjang pertanda waktu permainan telah usai. Laga berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan tuan rumah. Hasil positif tersebut langsung mengantarkan tim mereka melaju ke posisi pertama klasemen sementara grup H.

Pertandingan selanjutnya mempertemukan Ajax dengan Valencia. Memiliki pertahanan sama kuat membuat laga berjalan dengan sangat ketat dan sengit. Bermain tandang tidak menghentikan klub tersebut untuk melepaskan ancaman berbahaya sejak menit-menit awal pertandingan. Semangat para pemain terbakar untuk mencetak skor secepat mungkin. Mereka bermain dengan ganas hingga pada menit ke-8, Hakim Ziyech berhasil melepaskan tendangan keras sehingga pertahanan kiper lawan gagal memblok tembakan tersebut. Gol tercipta usai penyerang andalan tim tamu melepaskan sepakan lewat kaki kirinya. Lalu bola menghujam pojok kanan gawang tuan rumah.

Tak terima tertinggal satu poin, Los Che berusaha meningkatkan bermain lebih agresif namun tembakan mereka tak pernah tepat sasaran. Gawang mereka justru kembali dibobol pada menit ke-34 saat Quincy Anton Promes melakukan sontekan menyambut umpan Van de Beek. Cillessen tak mampu menepis bola tersebut sehingga gol kembali tercipta. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Ajax.

Usai turun minum tuan rumah mendapat kesempatan untuk mencetak angka lewat serangan berbahaya Ferran Torres dan Maxi Gomez. Sayangnya serangan tersebut masih bisa diblok oleh Onana. Kemudian pada menit ke-67, Van de Beek semakin memperlebar jarak skor dengan tuan rumah setelah berhasil menggiring bola ke gawang lawan. Kemenangan besar kembali diraih oleh skuat besutan Erik ten Hag dengan skor 3-0.

Pekan ketiga, Ajax kembali bermain bermain di markas sendiri melawan klub besar Inggris, Chelsea. Memiliki kualitas permainan seimbang membuat babak pertama berlalu tanpa satu gol pun. Di Laga ini terlihat tim tamu lebih mendominasi jalannya pertandingan, meski begitu belum ada ancaman berarti di mulut gawang tuan rumah. Usai turun minum, kedua tim meningkatkan pertahanan mereka sekaligus mempertajam serangan. Mengalami kebuntuan pada akhirnya The Blues unggul terlebih dahulu lewat tendangan Michy Batshuayi pada menit ke-86. Tuan rumah tidak mampu mengejar ketertinggalan hingga permainan berakhir dengan skor 1-0. Kekalahan tersebut menggeser posisi de Joden ke posisi dua sementara kubu lawan naik ke puncak klasemen dengan 6 poin.

Pertandingan selanjutnya mengharuskan Ajax untuk bertandang ke kandang Chelsea tepatnya di Stamford Bridge. Laga ini berlangsung dengan dramatis sebab tuan rumah harus tertinggal 3 poin sebelum permainan berakhir imbang 4-4. Menelan kekalahan di kandang sendiri membuat tim tamu menekan dengan tempo tinggi. Bahkan berselang hanya dua menit, Tammy Abraham mampu menyumbang angka lewat gol bunuh diri. Pertandingan kian memanas ketika tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan melalui Jorge Luiz Frello di menit ke-4.

Sejak itu tim tamu menggila dengan melesakkan tiga gol berturut-turut. Skor tersebut berkat performa luar biasa milik Quincy Promes (20’), Kepa Arrizabalaga (35’) dan Donny van de Beek (55’). Cukup puas dengan perolehan poin tersebut membuat Ajax Amsterdam mulai menurunkan tensi permainan. Namun tanpa disangka The Blues bangkit di menit ke-63 setelah hasil sepakan pemain bertahan Cesar Azpilicueta berhasil masuk ke gawang lawan. Gol tersebut memacu pemain lainnya untuk ikut serta mengejar ketertinggalan. Mereka adalah Jorge Luiz Frello (71’) dan Reece James (74’). Setelah itu tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan berakhir seri.

Hasil pertandingan Ajax di Liga Champions pekan ke 1-4:

Ajax vs Lille, skor 3-0

Valencia vs Ajax, skor 0-3

Ajax vs Chelsea, skor 0-1

Chelsea vs Ajax, skor 4-4

Yuk nonton pertandingan Liga Champions 2019/20 hanya di Vidio sebagai Official Online Broadcaster. Kalian hanya perlu berlangganan paket Premier Platinum dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp. 29.000 untuk satu minggu hingga Rp. 499.000 untuk setahun. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menonton tayangan lainnya seperti Liga Eropa, Bein 1 dan 2, serta seluruh tayangan Premier Gold. Jangan lupa untuk berlangganan Vidio Premier Platinum, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *