Tips Mengatasi Pilek Pada Anak Tanpa Menggunakan Obat

Pilek dapat mengganggu diri sendiri maupun orang lain. Kita merasa kesulitan berkonsentrasi ketika sedang dalam kondisi pilek sedangkan bagi orang lain akan terganggu dengan kondisi yang kurang sehat alih-alih takut kalau ikut ketularan pilek . Hal tersebut juga terjadi pada anak. Anak –anak yang dalam masanya selalu ceria dan bersemangat akan merasa terganggu apabila ia terserang pilek. Ibu tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada anaknya. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi pilek anak dari memberinya obat pilek untuk anak.

Adapun obat tersebut bersamaan dengan efek kantuk atau obat pilek ampuh yang tidak ngantuk. Keduanya meskipun beda efeknya, sama-sama dapat meredakan pilek pada anak. Selain memberinya obat, pilek pada anak juga dapat diatasi dengan beberapa tips. Kebanyakan ibu memang lebih memilih cara yang alami dibandingkan obat karena dianggap lebih aman untuk anak-anak. Berikut tips mengatasi pilek pada anak tanpa menggunakan obat.

  • Minum Air yang Banyak

Biasanya tubuh mengalami dehidrasi, akan lebih rentan terinfeksi virus. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu tubuh agar dapat melawan virus adalah dengan memperbanyak mineral dalam tubuh. Minta anak untuk perbanyak minum agar tidak terserang pilek atau pilek segera mereda.

  •  Minum Minuman Hangat

Hidung mampet adalah salah satu efek yang dirasakan ketika terserang pilek. Untuk mengatasinya, sebaiknya berilah anak minum minuman hangat untuk membuat adanya aliran udara di hidung yang tersumbat sehingga anak tidak kesulitan bernapas. Selain membuat hidung yang mampet terasa lebih segar, minum minuman hangat juga dapat meredakan anak yang terserang batuk maupun sakit tenggorokan yang ditimbulkan oleh kondisi pilek.

  • Menghirup Uap Panas

Pilihan terbaik untuk meredakan pilek pada anak yaitu dengan menghirup uap panas, yaitu dengan menghadapkan wajah anak di atas air yang panas. Uap panas akan membantu hidung mampet yang dialami oleh anak sedikit mereda. Selain itu, uap panas juga membuat tubuh anak terasa lebih rileks. Tapi untuk tips satu ini, ada baiknya ibu mengawasi anak dengan baik agar anak tidak sampai tersiram air panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *