Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Susu Formula Untuk Si Kecil

5 Kebiasaan Ini Malah Hilangkan Nutrisi dalam Susu Formula

Meskipun menyusui tentu memiliki manfaatnya, tidak dapat disangkal bahwa susu bayi formula masih memberikan nutrisi penting bagi bayi. Dan meskipun ada kelemahan menggunakan formula bayi yang disiapkan secara komersial, pilihan untuk memberi susu formula juga memiliki keunggulan spesifik. Tetapi satu hal tetap jelas begitu seorang ibu membuat keputusan untuk memberi susu formula bayinya, dia perlu merangkul pilihannya dan fokus pada mengasuh dan ikatan dengan bayinya daripada merasa bersalah karena tidak bisa memberikan asi.

KEUNTUNGAN

  • Keuntungan: Kenyamanan

Bayi yang diberi susu formula dapat diberi makan oleh siapa saja, baik itu ibu, ayah, kakek-nenek, atau pengasuh lainnya. Rencana pemberian makan yang nyaman memungkinkan orang tua untuk berbagi tugas menyusui, yang sangat bermanfaat ketika kedua orang tua berjuang untuk mendapatkan tidur yang cukup selama beberapa minggu dan bulan pertama kehidupan bayi. Ibu baru juga dapat kembali bekerja setelah cuti hamil tanpa perlu memompa ASI atau mengatur waktu menyusui. Dan jika bayi lapar di tempat umum, botol dapat diberikan tanpa terganggunya masalah privasi. Setelah dicampur, susu formula dapat disimpan dalam lemari es hingga 24 jam, meskipun seharusnya tidak boleh disimpan pada suhu kamar selama lebih dari satu jam.

  • Keuntungan: Tidak Ada Batasan Ibu

Sumber zat pada ASI seperti protein, karbohidrat dan lainnya tergantung pada apa yang di konsumsi oleh si ibu, oleh karena itu ibu menyusui harus memperhatikan jenis makanan dan cairan yang mereka konsumsi. Tetapi seorang ibu yang memberi susu formula kepada bayinya dapat makan dan minum apa pun yang dia suka. Ibu menyusui juga harus berhati-hati dengan jenis obat yang mereka minum, karena zat ini juga dapat masuk ke dalam ASI. Ibu yang memberi bayinya formula dapat minum obat tanpa mempedulikan efek pada bayinya.

KERUGIAN

  • Kerugian: Tidak Sebaik ASI

Susu formula komersial disiapkan dengan hati-hati dengan kombinasi protein, lemak, gula, dan vitamin yang kompleks. Sementara itu dibuat untuk mereplikasi bahan dalam ASI, itu tidak pernah bisa sepenuhnya cocok dengan komposisi karena ASI sedikit berbeda dari satu ibu ke ibu berikutnya untuk memenuhi kebutuhan masing-masing bayi. Selain itu, susu formula bayi tidak memiliki antibodi, yang melindungi bayi terhadap infeksi.

  • Kerugian: Kesulitan Pencernaan

Meskipun ASI dan susu formula bayi mengandung jenis protein yang sama, rasio bervariasi antara dua opsi. Situs web BabyCenter menjelaskan bahwa ASI mengandung lebih banyak protein whey, sedangkan susu formula bayi mengandung lebih banyak protein kasein. Karena protein whey lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang belum matang, susu formula bayi cenderung lebih sulit di lambung dan usus karena peningkatan kandungan kasein. Kesulitan pencernaan ini dapat menyebabkan insiden gas dan diare yang lebih besar.

  • Kerugian: Biaya

Walaupun ASI gratis, susu formula bisa sangat mahal. Formula bubuk cenderung paling murah, sedangkan formula siap-makan cenderung paling mahal. Formula khusus, seperti olahan kedelai atau hipoalergenik, juga lebih mahal daripada olahan susu bayi formula yang biasa

Itulah keuntungan dan kerugian jika seorang ibu memilih memberikan sikecil susu formula dibandingkan asi. Tidak perlu berkecil hati karena kaian tidak memberikan asi pada si kecil apapun susu yang kalian berikan pastinya semua ibu menginginkan yang terbaik dalam segala hal untuk buah hatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *