Berikut Ini Cara Mengusir Lalat Secara Alami

6 Bahan Alami yang Ampuh untuk Mengusir Lalat, Mudah Ditemukan!

Mungkin anda pernah merasa kesal dengan adanya lalat yang cukup mengganggu karena seing hinggap di makanan atau minuman. Selain itu, lalat ini biasanya membawa berbagai macam penyakit.  Lalu bagaimana cara mengusir lalat dari rumah dan membuatnya tidak datang kembali? Penggunaan bahan kimia pun sering digunakan untuk mengusir dan membunuh lalat ini, namun terkadang tidak ampuh dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Namun, jangan khawatir karena dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang cara mengusir lalat secara alami.

Perlu diketahui bahwa banyak bahan alami di sekitar anda yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir lalat di rumah. Selain aman dan tidak membahayakan tubuh manusia, namun juga ramah biaya karena dibeli dengan harga yang terjangkau. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya. 

  1. Menggunakan Jeruk + Lemon

Cara mengusir lalat secara alami yang pertama adalah menggunakan jeruk + lemon. Bukan hanya enak untuk dijus, namun kedua buah ini juga bisa digunakan sebagai pengusir lalat. Jika akan menggunakan kedua bahan ini, maka harus sertakan juga daun cengkeh. Bukan hanya lalat, aroma yang menyengat dari kombinasi ini juga bisa mengusir serangga kecil lainnya. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

– Pertama potong masing-masing buah menjadi empat bagian

– Lalu tancapkan 12 biji cengkeh pada setiap potongan buah

– Simpan semuanya pada sudut-sudut yang sering dihinggapi lalat

  1. Menggunakan Bunga Lavender

Bunga lavender ini memang terkenal sebagai pengusir nyamuk, namun ternyata bunga ini juga mampu mengusir lalat. Selain mampu mengusir nyamuk dan lalat, bunga lavender ini juga bisa mempercantik dekorasi rumah anda. Caranya juga cukup mudah dan simple, anda hanya perlu menyimpan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah, terutama di sudur-sudut yang sering didatangi lalat.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Cara mengusir lalat lainnya adalah dengan menggunakan cuka apel. Caranya adalah, anda sediakan cuka apel dan gelas berukuran tinggi atau sebuah botol. Tidak usah memasukkan cuka apel terlalu penuh, cukup setengah botol saja. Akan lebih efektif lagi manfaatnya jika ditambahkan beberapa tetes cairan pencuci piring. Lalu buat lubang kecil pada bagian atasnya menggunakan plastik bening yang diikat karet. Lalat pun akan terpancing dengan aroma cuka apel dan akan masuk kedalamnya. setelah lalat masuk, maka ia akan kesulitan keluar karena lubang yang dibuat sangat kecil. 

  1. Menggunakan Daun Pandan

Cara mengusir lalat secara alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan daun pandan. Selain untuk dijadikan bahan masakan, daun pandan juga ternyata bisa digunakan untuk mengusir lalat. Karena lalat tidak menyukai aroma wangi yang dihasilkan oleh daun pandan. Caranya menaplikasikannya juga cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan bebera[a helai daun pandan, lalu diiris sampai halus. Kemudian simpan irisan daun tersebut pada piring atau mangkuk. Lalu taruj piring atau mangkuk yang sudah berisi irisan daun pandan tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat. 

  1. Menggunakan Daun Cengkeh

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan daun cengkeh. Sebagaimana yang diketahui, bahwa cengkeh ini memiliki aroma khas yang cukup menyengat. Nah, aroma daun cengkeh yang menyengat ini tidak disukai oleh lalat. Caranya juga cukup mudah dan sederhana. Anda cukup rendam biji cengkeh secukupnya di semangkuk air. Lalu simpan rendaman cengkeh tersebut pada tempat yang banyak lalatnya.  

Itulah beberapa cara untuk mengusir lalat dari rumah secara alami. Semoga ada guna dan manfaatnya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *