Sakit Perut Sebelah Kanan? Bisa Jadi Kamu Menderita Penyakit Ini

10 Tips Meredakan Sakit Perut ala Rumahan, Tidak Perlu ke Dokter

Terdapat beberapa jenis sakit yang akan terasa pada area perut, mulai dari sakit ringan yang tidak mengganggu seperti kram hingga rasa sakit yang cukup menyiksa. Tak hanya itu, ada pula jenis sakit perut yang secara perlahan menguat hingga terasa tidak tertahankan, kemudian kembali mereda.

Hal lain yang perlu kita cermati, yakni arah penjalan rasa sakit perut beserta gejala yang datang secara bersamaan. Salah satunya seperti sakit perut sebelah kanan, yang mengindikasikan bahwa ada berbagai jenis penyakit seperti berikut :

  1. Radang Usus Buntu (Apendisitis)

Kondisi radang usu buntu akan terjadi ketika ada penyumbatan pada usus buntu, yang disebabkan oleh infeksi. Sehingga, terjadilah pembengkakan yang harus segera diatasi agar kondisinya tidak semakin parah. Masalah yang satu ini biasanya akan diikuti dengan beragam gejala lain, seperti mual, muntah, perut terasa kembung, sembelit, dan demam.

  1. Batu Empedu

Pada dasarnya, masalah batu empedu tidak selalu memunculkan gejala atau keluhan rasa sakit. Ya, kondisi ini baru akan menimbulkan gejalanya jika batu telah menyumbat saluran empedu dan menyebabkan peradangan. Akibatnya, batu empedu ini akan menimbulkan rasa sakit di perut sebelah kanan bagian atas yang kemudian menjalar ke area punggung atas, bahu, hingga dada. Bukan hanya itu, kondisi batu ginjal juga akan disertai dengan gejala seperti mual dan muntah.

  1. Kolesistitis

Jenis penyakit yang satu ini merupakan peradangan di organ emepdu, yang pada umumnya disebabkan oleh batu empedu. Gejala dari penyakit kolesistitis ini berupa rasa sakit di perut sebelah kanan atas yang terasa cukup menyakitkan, dan bisa menjalar hingga ke bahu kanan.

  1. Hepatitis

Hepatitis merupakan sebuah penyakit, dimana telah terjadi peradangan pada organ hati yang disebabnyak oleh beberapa hal. Ya, beberapa hal yang menjadi penyebabnya adalah infeksi virus hepatitis B  C, terlalu banyak menonsumsi minuman beralkohol, hingga perlemakan hati.

Gejapa pada penyakit hepatitis ini berupa rasa sakit perut di sebelah kanan atas, mual, muntah, lemas, menurunnya nafsu makan, warna feses menjadi keputihan, dan cairan urina yang berwarna keruh.

  1. Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik merupakan kejadikan yang terjadi di luar rahim, dan umumnya terjadi di bagian tuba fallopi. Hasilnya, kondisi ini akan mengakibatkan rasa sakit di perut sebelah kanan. Namun, terkadang rasa sakit tersebut juga muncul di area perut sebelah kiri, atau tergantung pada lokasi menempelnya sel telur yang sudah dibuahi.

Penyebab Lain Dari Munculnya Rasa Sakit Perut Sebelah Kanan

Tak hanya lima penyebab umum di atas, ternyata sakit perut sebelah kanan juga bisa diklasifikasikan berdasarkan lokasi, yakni di atas dan bawah. Pada kasus sakit perut sebelah kanan bagian bawah bisa disebabkan oleh :

  • Cedera
  • Gangguan leher rahim
  • Endometriosis
  • Batu ginjal

Sedangkan sakit perus sebelah kanan bagian bawah disebabkan oleh :

  • Radang lambung (gastritis)
  • Hernia hiatus
  • Tukak lambung
  • Batu ginjal atau kanker pada ginjal
  • Kanker pancreas
  • Kanker kantung empedu

Tindakan Pengobatan

Guna meringankan rasa sakit pada perut sebelah kanan, disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil. Tak hanya itu, jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan bebas seperti aspirin dan ibuprofen. Pasalnya, kedua jenis obat tersebut akan memperparah kondisi sakit perutnya lho!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *