Cara Cerdas Kelola Utang Habis Lebaran

Mengelola utang perlu dilakukan secara ketat jika jumlah utang sudah melebihi dari pendapatan. Ini menjadi peringatan penting karena utang adalah kewajiban yang harus dipenuhi dan tidak boleh ditunda-tunda lagi. 

Mengingat kondisi keuangan setelah lebaran biasanya memang agak tersendat karena pengaluran untuk hari raya umumnya memang lebih besar dari hari biasanya. Hal ini cukup wajar asalkan tetap terkendali. Sehingga tidak menjadi beban di kemudian hari.

Jika kita punya utang lewat pinjaman online cepat cair dan mudah, umumnya diberikan tenor yang fleksibel sehingga bisa sedikit mengatur nafas, agar tetap bisa memenuhi kebutuhan bulanan. Berikut adalah tips cara cerdas kelola utang sehabis lebaran.

Kencangkan ikat pinggang

Mengencangkan ikat pinggang sebenarnya tidak dilakukan setelah lebaran, melainkan setelah memasuki masa bulan Ramadan. Secara umum konsumsi pada saat bulan Ramadan berkurang sehingga logikanya akan mengurangi anggaran belanja.

Yang tadinya makan tiga kali sehari menjadi dua kali sehari yaitu pada waktu sahur dan buka puasa. Nah, anggaran makan siang ini yang bisa dialihkan untuk membayar utang. Setelah lebaran tetap harus mengencangkan ikat pinggang jika masih ada utang yang harus diselesaikan. 

Evaluasi anggaran bulanan

Tetap catat pengeluaran selama Ramadan apalagi setelah Lebaran. Pada saat Ramadan usai, kita cenderung mengeluarkan semua keinginan di hari yang sama. Membeli berbagai makanan maupun barang yang sempat tertahan pada saat Ramadan.

Padahal kondisi saat lebaran justru menjadi momentum untuk mengevaluasi anggaran pada bulan Ramadan. Apakah kita bisa menghemat lebih banyak dibandingkan bulan sebelumnya atau malah justru sebaliknya.

Tentukan target menyelesaikan utang

Jika ada beberapa utang dengan jumlah yang besar, mulai urutkan dari utang dengan bunga besar hingga paling kecil. Upayakan untuk menyelesaikan utang dengan beban terberat lebih dulu. Tetap harus pasang target kapan utang-utang tersebut harus lunas dan bagaimana strateginya agar jangan sampai mengalami kredit macet.

Jika bisa diselesaikan lebih cepat akan lebih baik. Misalnya dengan mengajukan pelunasan lebih awal, toh pada akhirnya akan mengurangi beban bulanan sehingga akan membuat kita lebih leluasa dalam mengelola anggaran bulanan.

Saatnya cari pekerjaan sampingan

Jika beban utang sudah lebih dari sepertiga penghasilan, berarti saatnya harus mencari pekerjaan sampingan yang mendatangkan keuntungan. Agar kebutuhan dasar tetap bisa terpenuhi mulai dari sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan. 

Pilih bisnis yang bisa berlanjut dan berkesinambungan. Pun harus sesuai dengan passion dan keahlian sehingga akan lebih mudah menjalaninya, bukan menjadi beban baru dalam pekerjaan.

Selektif memilih pinjaman online

Tetaplah selektif dalam memilih pinjaman online. Pastikan dulu bahwa perusahaan yang dipilih sudah terdaftar dan mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan. Diantara pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang direkomendasikan seperti Kredifazz.

Kredifazz memberikan kemudahan dalam pinjaman tunai dalam waktu 30 hari saja. Kita bisa mengajukan pinjaman sampai dengan Rp1,5 juta dengan proses yang mudah cukup ktp saja. Pendaftarannya pun bisa dilakukan secara online sehingga lebih praktis, instan dan memudahkan siapapun juga.

Kredifazz diperuntukkan bagi semua kalangan. Jadi, tidak sebatas pekerja kantoran yang bisa mengajukan pinjaman. Kini, lewat Kredifazz, siapapun bisa mengajukan pinjaman dengan proses pencairan yang mudah.

Bunga pinjaman lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman sejenisnya. Bunga pinjamannya hanya 0,3% per hari dengan pilihan tenor yang fleksibel. Nantinya pinjaman akan dipotong biaya admin sebesar 6% pada saat pencarian dana. 

Kemudahan yang diberikan Kredifazz memberikan kamu kebebasan dalam meminjam sejumlah dana. Tidak ada survei, dan proses pencairannya maksimal 24 jam sehingga cocok buat kamu yang memang membutuhkan jawaban segera untuk kebutuhan mendesak. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.