5 Rasul Ulul Azmi Dan Mukjizatnya Yang Perlu Diketahui Anak 

Teladan, 5 Rasul yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah dan Mukjizatnya

Memberikan pendidikan agama kepada anak sejak dini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain mengajarkan salat dan puasa sebagai ibadah wajib, Ibu juga dapat menceritakan kisah para Rasul yang dapat menjadi pembelajaran bagi hidup mereka kelak.

Banyaknya kisah Rasul yang tertulis dalam Al-Quran saat ini sudah banyak diterjemahkan dan dapat diajarkan kepada si kecil sejak dini. Seperti halnya memberi tahu 5 Rasul yang diberi gelar Ulul Azmi oleh Allah SWT.

Ulul Azmi ini sendiri memiliki dua arti, yaitu kata Ulu atau Uli yang berarti memiliki, dan kata Azmi yang berarti tekad atau keteguhan hati yang kuat. Karena itu, Ulul Azmi dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki ketabahan, kesabaran, serta keuletan yang luar biasa dalam menjalankan tugas sucinya sebagai Rasul, meski menghadapi berbagai rintangan.

Dari 25 nama Rasul Allah, berikut nama 5 Rasul Ulul Azmi yang perlu diketahui dan mukjizat yang diterimanya :

  1. Nabi Nuh A.S

Mendapat gelar Ulul Azmi, Allah SWT memberi Nabi Nuh mukjizat berupa diselamatkannya dari banjir bandang. Saat itu, Allah SWT memberi azab berupa banjir bandang kepada kaum Nabi Nuh yang ingkar dengan ajaran yang disampaikannya.

Ketika peristiwa tersebut terjadi, Nabi Nuh dan pengikutnya yang taat berhasil selamat karena berada didalam bahtera yang sudah mereka buat sebelum adanya banjir bandang tersebut.

  1. Nabi Ibrahim A.S

Hidup di zaman kekuasaan Raja Namrud, Nabi Ibrahim mencegah kaumnya menyembah berhala dengan menghancurkan berhala-berhala tersebut. Tentunya aksi tersebut membuat Raja Namrud marah dan menghukumnya dengan cara dibakar.

Namun atas kuasa Allah SWT, beliau selamat dari panasnya api yang membakar dirinya. Hal tersebut sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran Surah Al-Anbiya ayat 68-70, yang artinya “Bakarlah dia dan bantulah ilah-ilah kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak. Kami berfirman : ‘Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim. Mereka hendak berbuat maker terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan itu mereka orang-orang yang paling merugi.’”

  1. Nabi Musa A.S

Kemudian ada Nabi Musa yang juga diberi gelar Ulul Azmi oleh Allah SWT. Beliau menerima mukjizat berupa tongkat yang dapat berubah menjadi seekor ular. Pada masa kerajaan Firaun, tongkat yang diterima Nabi Musa tersebut juga dapat membelah Laut Merah menjadi sebuah jalan. Sehingga hal itu memudahkan Nabi Musa dan pengikutnya berhasil selamat dari kejaran Firaun.

  1. Nabi Isa A.S

Selanjutnya ada Nabi Isa yang juga diberi gelar Ulul Azmi oleh Allah SWT. Beliau merupakan Rasul yang mendapat mukjizat berupa kitab suci Injil. Tidak hanya kitab suci yang diberikan kepadanya untuk diajarkan kepada pengikutnya, Nabi Isa juga mendapat mukjizat dapat menyembuhkan orang-orang buta, dan menghidupkan orang-orang yang meninggal dunia.

  1. Nabi Muhammad SAW

Terakhir, Allah SWT memberi gelar Ulul Azmi kepada Nabi Muhammad lalu memberi mukjizat kepadanya untuk dapat membelah bulan menjadi dua. Beliau diutus Allah SWT untuk penduduk Mekkah, para penduduk itu meminta Muhammad SAW untuk membuktikan kenabiannya. Sebab, orang-orang kafir saat itu tidak mempercayai bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan seorang nabi yang telah diutus Allah SWT.

Selain itu, Rasulullah SAW juga mendapat mukjizat dapat mengeluarkan air di sela-sela jari tangannya dan tentunya diturunkannya kitab suci Al-Quran yang hingga saat ini masih dirasakan umat Islam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.