Tips Memilih Makanan untuk Kucing Tersayang

main image

Memiliki kucing kesayangan tentu selalu ingin memberikan yang terbaik, terutama makanan. Asupan makanan yang bergizi berpengaruh pada kesehatan kucing. Untuk itu jangan asal memberi makan, pilih makanan kucing terbaik untuk kucing kesayangan.

Di pasaran dijual banyak jenis makanan kucing. Mulai dari makanan kering (dry food), makanan basah (wed food) dan makanan cair. Saking banyaknya pilihan justru membuat bingung memutuskan, untuk itu coba ikuti tips memilih makanan kucing. Berikut tips memilih makanan kucing:

  • Cek nutrisi dasar

Penting untuk dipertimbangkan kandungan nutrisi pada makanan kucing untuk memastikan kucing selalu sehat. Setidaknya harus ada nutrisi dasar berupa protein, taurin berupa asam amino, vitamin, mineral, enzim, asam lemak dan air. Protein dapat ditemukan pada daging sapi, unggas dan beragam jenis ikan.

Pastikan makanan yang Anda pilih mengandung nutrisi dasar di atas. Kandungan lain yang biasanya digunakan dalam makanan kucing adalah karbohidrat baik dari jagung, gandum atau beras. Meskipun sebenarnya karbohidrat tidak begitu dibutuhkan kucing. Komposisi lain seperti pewarna biasanya digunakan untuk membuat tampilan makanan kucing lebih menarik.

  • Kenali alergi kucing

Sama halnya dengan manusia, kucing juga bisa mengalami alergi. Karenanya Anda harus mengenali kondisi kucing, apakah ia memiliki alergi tertentu. Maka Anda dapat menghindari makanan yang mengandung bahan yang membuatnya alergi. Meskipun sedikit dari kucing yang mengalami alergi, penting untuk Anda memastikannya.

  • Jangan asal beli makanan murah

Berbagai produk dengan harga murah memang menggiurkan, termasuk produk makanan kucing. Namun tetap harus hati-hati dalam memilih, jangan sampai makanan murah membahayakan kucing. Gangguan kesehatan dapat menyerang kucing, misal gangguan saluran kencing hingga saluran pencernaan. Selian itu produk makanan kucing murah biasanya memiliki kandungan nutrisi rendah, padahal kucing akan malan sebanyak nutrisi yang ia butuhkan.

  • Perhatikan kemasan produk

Saat memilih makanan kucing, perhatikan kemasan produk. Ada beragam informasi di sana. Anda dapat melihat komposisi bahan yang digunakan hingga kandungan nutrisi di dalamnya. Disarankan untuk mengikuti  semboyan komplit dan seimbang. Bacalah dengan seksama dan pastikan bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan terbaik. Periksa pula tanggal kadaluwarsa  produk masih lama.

  • Pilih makanan basah atau makanan kering

Para pencinta kucing kerap disulitkan dengan dua pilihan tersebut. Sebenarnya ahli gizi menyarankan untuk memadukan makanan basah dan kering. Alasannya untuk makanan kering lebih praktis diberikan kapan saja dan cocok pada semua jenis kucing. Namun sesekali memberi makanan basah disarankan karena makanan basah mengandung air. Kucing sering kali malas untuk minum karenanya kadar air pada makanan terkadang dibutuhkan. Selain itu kucing akan bosan dengan makanan yang sama.

Makanan kucing maxi direkomendasikan untuk makanan kucing kesayangan Anda. Cocok untuk dikonsumsi kucing dari usia muda hingga kucing dewasa. Produk maxi berbentuk bulat sehingga mudah dimakan oleh kucing. Terdapat dua varian rasa yakni ayam dan tuna, teksturnya tidak keras membuat mudah dicerna si kucing dan tidak mudah mengalami gangguan pencernaan.

Nutrisi yang terkandung dalam maxi dapat meningkatkan nafsu makan kucing Anda. Terdapat kalsium, vitamin A, vitamin D3, vitamin C, vitamin E, l-lysine serta omega 3 dan 6. Jika Anda bermasalah dengan bau kotoran kucing, maxi mengandung ekstrak Yucca Schidigera yang dapat mengurangi aroma tidak sedap tersebut. Anda tidak lagi perlu khawatir dengan bau kotoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.