6 Manfaat dalam Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Cuci Tangan

main image

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda lain. Kita pasti kerap memegang banyak benda ketika berada di transportasi umum, kantor, taman, atau tempat lainnya.

Tak jarang pula Anda berinteraksi dengan orang lain melalui sentuhan tangan. Padahal kita tak tahu persis mengenai jumlah kotoran atau kuman yang sudah menempel pada tangan kita Sudah sejak dulu kita diajarkan oleh orang tua pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun. Karena jika kita mencuci tangan dengan sabun, sangat ampuh untuk menghilagkan bakteri yang menempel pada tangan.

Mencuci tangan dengan sabun harus menjadi kebiasaan bagi diri sendiri dan keluarga. Jika kita sudah memiliki buah hati, pastikan kalau si kecil juga terbiasa cuci tangan dengan sabun. Karena kebiasaan ini akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Jika si kecil terbiasa mencuci tangan pakai sabun sedini mungkin, Anda pun tak perlu terlalu mengkhawatirkan kesehatannya.

Karena kesehatan tubuh berawal dari tangan yang bersih. Di masa pandemi saat ini, kita dianjurkan untuk sering mencuci tangan dengan sabun. Tidak lupa untuk menaruh tempat cuci tangan di depan rumah. Hal ini bertujuan agar kuman tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Virus yang sedang menyerang saat ini bernama covid-1. Penularannya melalui udara, dan sentuhan tangan. Sehingga kita harus menjaga tangan tetap bersih, dan juga steril.

Hal-hal yang Harus dilakukan dalam Mencuci Tangan

Sebelum mencuci tangan, kita tentu harus mengetahui beberapa langkah cuci tangan yang benar. Memang tidak ada salahnya mencuci tangan menggunakan air dan sabun saja. Tetapi ada langkah cuci tangan yang tepat, yang bisa membuat tangan lebih steril. Hal ini penting agar kebersihan tangan semakin maksimal.

  1. Mulailah membasuh tangan dengan air bersih yang mengalir. Mencuci dengan air mengalir dianjurkan, karena lebih bersih dan juga jernih. Kita bisa gunakan kran air langsung, atau wadah yang sudah diisi air. Sehingga mudah untuk mencuci tangan.
  2. Lalu gunakan sabun cuci tangan secukupnya. Pilih sabun yang kandungannya aman. Lebih baik menggunakan sabun cair yang wadahnya di pencet. Karena kita hanya menekan wadah tersebut dan keluar sabun cairnya.
  3. Usapkan ke kedua tangan dan bershkan. Kemudian Rekatkan antara tangan kanan dan tangan kiri, dan gosok perlahan.
  4. Setelah itu posisikan telapak tangan kanan kita di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya. Biasanya bagian ini sering luput dari perhatian karena mayoritas orang hanya mencuci telapak tangan.
  5. Bersihkan telapak kanan san kiri. Sela-sela jari juga harus dibersihkan dengan sabun. Usapkan sabun pada seluruh sela-sela jari hingga berbusa. Bagian jari yang satu ini kerap menjadi tempat bersarangnya kotoran dan bakteri usai beraktivitas.
  6. Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci. Agar lebih merata ke seluruh bagian tangan.
  7. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya. Lakukan dua kali hingga bersih.
  8. Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak tangan dan sebaliknya..

Jika kita tidak melakukan langkah cuci tangan yang benar, kemungkinan besar akan mudah terserang penyakit. Sebab, Anda akan menggunakan tangan kotor untuk makan atau memegang bagian tubuh lain. Seperti mata, hidung, dan mulut. Kotoran dan kuman pun semakin mudah masuk ke tubuh kalau tangan kita selalu kotor. Jangan lupa cuci tangan kembali jika sudah masuk ke dalam toilet umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.