Apakah Bitcoin Haram atau Halal?

Bitcoin Halal atau Haram ? Ini Jawabannya | Coinvestasi

Mata uang kripto yang satu ini kerap dipertanyakan banyak masyarakat terkait kehalalannya. Menurut pandangan Anda apakah Bitcoin haram atau halal? Untuk lebih pasti mata uang kripto ini haram atau halal, simak ulasan berikut ini. 

Sekilas Mengenai Bitcoin

Bitcoin merupakan bentuk mata uang digital yang tengah popular di mata para investor. Hal ini ditunjukkan dengan nilainya yang semakin hari semakin meningkat. Bahkan, Bitcoin ini merupakan salah satu aset kripto dengan kapitalisasi pasar yang paling besar. 

Bitcoin ini kerap dianggap sebagai salah satu instrumen investasi yang sangat berpotensi untuk memberikan keuntungan. Di negara Indonesia sendiri telah menggunakan mata uang ini untuk digunakan sebagai media jual beli. Selain itu, dengan melakukan investasi ini dapat memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan. 

Hal ini dikarenakan peningkatan yang diberikan dari waktu ke waktu yang sangat luar biasa. Apakah Anda sudah tergiur untuk ikut melakukan transaksi ini? Anda bisa lebih mudah melakukan transaksi ini dengan menggunakan aplikasi Coinomon. Karena itulah, segera lakukan Download Coinomo di Play Store atau Download Coinomo di App Store.

Hukum yang Berlaku Bagi Bitcoin

Apakah Bitcoin haram atau halal? Terdapat beberapa ulama yang menyebut bahwa investasi Bitcoin ini mempunyai status haram secara syariat. Hal ini dapat muncul berdasarkan unsur gharar. Unsur gharar merupakan sebuah istilah fikih yang memberikan indikasi keraguan, pertaruhan serta ketidakjelasan yang mempunyai arah merugikan terhadap salah satu pihak. 

Namun, catatan yang diberikan oleh MUI menyebutkan bahwa aset kripto satu ini mempunyai dua hukum yang berlaku yaitu mubah dan haram. Bitcoin dapat bersifat mubah apabila digunakan hanya sebagai bentuk alat tukar bagi dua pihak yang saling menerima. Namun, dapat berubah menjadi haram apabila Bitcoin ini digunakan sebagai alat investasi. 

Pada dasarnya di dalam Al-Qur’an serta hadist-hadist Nabi SAW menyatakan bahwa hukum jual beli merupakan boleh dilakukan apabila memenuhi syarat serta rukun yang ada. Berikut dalil yang menghalalkan proses jual beli “Allah telah menghalalkan kegiatan jual beli serta mengharamkan riba” (QS. Al-Baqarah 2:275). Sebuah kegiatan transaksi akan sah apabila masing-masing pihak yang terlibat dapat memenuhi kewajiban serta konsekuensi yang ada pada sebuah transaksi. 

Di dalam sebuah akad jual beli, tentu seseorang penjual harus memberikan barang yang dijualnya kepada pembeli. Sedangkan pembeli harus membayarkan barang apa yang telah dibeli sesuai dengan harga yang telah disepakati oleh kedua pihak. 

Hal ini menyatakan bahwa hukum dari Bitcoin ini tergantung dari penggunaanya. Apabila digunakan untuk menghasilkan produk haram, maka transaksi tersebut dapat berubah menjadi haram. Jika digunakan untuk menghasilkan sesuatu hal yang hala, maka otomatis produk tersebut mengikuti kehalalannya. 

Beberapa Negara yang Menghalalkan Bitcoin

Apakah Bitcoin haram di negara lainnya? Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, Bitcoin ini dihalalkan di dalam sejumlah negara. Misalnya pada Jerman, komoditi ini diakui sebagai salah satu mata uang yang ada di bawah perlindungan hukum. Oleh karena itu, dapat memenuhi syarat sebagai bentuk amat uang dalam Islam yang ada di Jerman. 

Negara Indonesia sendiri, Bitcoin ini masih belum diakui sebagai bentuk alat pembayaran yang sah. Akan tetapi, pemerintah Indonesia telah mengakui bahwa semua produk kripto merupakan komoditi berjangka yang menguntungkan perekonomian Indonesia. 

Menurut pemerintah Indonesia, hukum dari Bitcoin ini sama dengan apa yang ada di jerman. Bitcoin sah saja digunakan sebagai alat transaksi jual beli layaknya emas dan perak. Namun perlu untuk diperhatikan bahwa Bitcoin bukan sepenuhnya menjadi alat tukar. Sehingga apabila ingin menggunakannya, Anda masih perlu untuk mengkonversikannya ke dalam bentuk rupiah.

Itulah penjelasan mengenai apakah bitcoin haram atau halal, dengan keyakinan yang semakin kuat. Anda dapat menjelajah berbagai aset kripto yang ada pada saat ini untuk menjadi pilihan investasi Anda. Anda dapat juga menggunakan DeFi sebagai pilihan. Ingin mencoba token DeFi? Yuk ketahui dulu apa itu DeFi agar bisa lebih yakin saat mencobanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.