7 Vitamin Imun Tubuh dan Nutrisi Apa Saja yang Baik Dikonsumsi?

Image

source gambar : realfood.co.id

Vitamin imun tubuh dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan. Bisa dari buah, sayuran, bahkan ekstrak sarang burung walet. Tapi, sebenarnya vitamin dan nutrisi lain apa saja, sih yang dibutuhkan tubuh untuk memelihara imun? Berikut 7 di antaranya.

  • Vitamin B12, B6, dan Asam Folat

Mayoritas dari kita, khususnya para lansia, maupun mereka yang menginjak usia di atas 50 tahun. Barangkali telah mengalami hambatan tepatnya dalam menyerap asupan nutrisi.

Mulai dari penyerapan vitamin B12, B6, serta asam folat yang masih tergolong vitamin B. Padahal, vitamin yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh tersebut mempunyai peran penting, khususnya dalam membantu berbagai tahap metabolisme tubuh yang berpengaruh terhadap kinerja sistem imun supaya berjalan lebih baik.

  • Vitamin E

Penelitian yang dilansir dalam British Journal of Nutrition membuktikan, terdapat hubungan antara asupan vitamin E, imunitas, serta kualitas hidup individu . Tubuh yang mempunyai konsentrasi vitamin E lebih tinggi di dalam tubuhnya, mempunyai status kesehatan lebih baik.

Vitamin yang baik untuk kekebalan tubuh lansia ini akan bekerja sebagai antioksidan. Vitamin E mampu meningkatkan respons tubuh ketika terjadi inflamasi. Selain itu juga dapat mempengaruhi daya tahannya.

  • Vitamin D

Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Investigative Medicine membuktikan, vitamin D tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tulang saja. Namun, juga dapat membantu menjaga fungsi daya tahan badan.

Vitamin D mampu memodulasi respons imun bawaan maupun non spesifik. Seperti eosinofil, basofil, neutrofil, serta respons imun adaptif yang dikenal spesifik misalnya sel T serta sel B.

  • Zat Besi (Iron)

Sebuah penelitian diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2004. Penelitian tersebut membuktikan bahwa kekurangan zat besi amat erat kaitannya dengan gangguan terhadap imunitas.

Kondisi fisik tubuh seseorang yang telah menurun, dapat terbantu berkat kecukupan asupan zat besi. Hal ini disebabkan mineral tersebut berdampak kepada kemampuan tubuh mereka dalam melawan infeksi penyakit atau infeksi.

  • Zinc

Sebuah penelitian yang dilansir Immunity and Ageing menyatakan, bahwa zinc adalah salah satu nutrisi yang esensial bagi sistem imun. Mineral tersebut penting diperhatikan asupannya sebab cukup kerap terjadi defisiensi atau kekurangan zinc.

Seseorang menderita defisiensi zinc akibat bertambahnya usia, asupan zinc dapat membantu lansia dalam mengaktifkan sel T pada tubuh. Sel T secara efektif mampu mencegah infeksi sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

  • Vitamin A

Vitamin A kerap dianggap sebagai jenis vitamin yang amat penting dalam memelihara kesehatan mata. Namun, rupanya vitamin A pun penting guna memelihara sistem kekebalan tubuh.

Vitamin satu ini berperan dalam proses pembentukan sel darah putih, yakni sel yang bertugas untuk melawan infeksi virus serta bakteri di tubuh. Beberapa macam makanan yang banyak terkandung vitamin A yakni tomat, hati sapi, brokoli, ubi jalar, juga wortel.

Real Food merupakan produk semi concentrated dari sarang burung walet, selain itu ada beberapa varian yang tersedia. Salah satunya diperkaya dengan ekstrak kurma serta kolagen.

Produk satu ini memiliki fungsi utama guna mendukung Anda agar tetap produktif sepanjang hari serta tetap memiliki penampilan yang menarik. Produk satu ini mengandung asam amino serta kolagen yang dapat membantu regenerasi sel.

Di samping itu, minuman sarang burung walet dapat mencegah penuaan dini. Asam amino yang ada di dalamnya amat berperan dalam meningkatkan produksi pelembab alami, mencegah timbulnya kerutan, jerawat, serta noda hitam.

Di samping itu, produk satu ini sangat mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jadi sangat pas dijadikanuntuk dijadikan sebagai penambah  vitamin imun tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.