Apel Fuji: Kalori, Kandungan, dan Perbedaannya dengan Apel Lokal

Apel Fuji TaniHub
source gambar : tanihub.com

Apel termasuk apel Fuji adalah salah satu buah yang terkenal akan kelezatannya. Menjadi salah satu jenis dari buah Apel, Apel fuji termasuk ke dalam apel berukuran besar lengkap dengan rasa manis. Apel Fuji dibekali dengan tekstur keras, segar, juga berair dibalut dengan kulit berwarna merah kekuningan.

Jika bicara jumlah kalori yang terkandung pada apel Fuji maka jawabannya tergantung pada ukuran buahnya, kalori dari apel fuji terhitung sebanyak 69 kkal. Tak hanya mengandung kalori, buah apel Fuji juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti:

  1. Karbohidrat: 16.59 gram
  2. Serat: 2.3 gram
  3. Vitamin B6: 0.049 miligram
  4. Vitamin B2: 0.028 miligram
  5. Vitamin E: 0.2 miligram
  6. Kalium: 119 miligram
  7. Fosforus: 14 miligram
  8. Mangan: 0.034 miligram
  9. Zat besi: 0.11 miligram
  10. Tembaga: 0.027 miligram

Buah apel Fuji ternyata juga mengandung vitamin C, flavonoid, polifenol, juga bioflavonoid yang tinggi. Setelah membedah isi kandungan apel Fuji yaitu kalori dan kandungan nutrisi lain yang luar biasa lengkap di dalamnya, tidak heran jika apel Fuji yang dikonsumsi secara rutin akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Kesehatan ini juga akan bertambah jika Anda mengonsumsi apel fuji tanpa mengupas kulitnya, karena kandungan nutrisi, juga serat serta polifenol yang ada di kulit apel Fuji akan diserap oleh tubuh jauh lebih banyak lagi.

Jenis Apel Fuji:

  1. Apel fuji wangshan merupakan jenis apel fuji dengan kualitas tinggi. Apel fuji wangshan termausk jenis apel fuji yang paling terkenal, karena rasanya manis juga segar Lengkap dengan aroma yang khas, bahkan tekstur daging dari buah apel fuji wangshan ini  terasa lebih renyah dan juicy.
  2. Apel Fuji RRC banyak masuk ke Indonesia dan untuk segi bentuk hanya berbeda sedikit dengan apel Fuji wangshan, untuk segi rasa mungkin akan lebih lezat apel Fuji wangshan ketimbang apel Fuji RRC.

Untuk perbedaan Apel Fuji dengan Apel Lokal Indonesia:

  1. Dari segi bentuk dan ukuran tentunya apel Fuji yang impor ini berukuran lebih besar ketimbang apel lokal
  2. Rasanya juga akan terasa lebih manis dan lebih empuk dibandingkan dengan apel lokal yang akan terasa lebih masam atau tidak terlalu manis dan agak keras

Mengutip dari SariAgri.id menuliskan bahwa menurut ahli hortikultura Institut pertanian Bogor (IPB), Prof. Sobir, menyatakan bahwa varietas apel lokal juga apel impor berbeda. Di Indonesia, ternyata hanya terdapat dua varietas apel, yakni apel Manalagi dan apel Ana. “(Apel lokal dan impor) beda banget karena varietasnya beda. Kalau yang dalam negeri cuma dua, apel Manalagi dan apel Ana,”

Lanjut Prof. Sobir juga menjelaskan perbedaan apel lokal dan apel impor “Ada dua hal, bedanya satu dia di tropika, dia dapat sinar matahari istilahnya terus-menerus tidak ada berhentinya. Biasanya apel-apel di kita lebih berpati tidak crunchy dan lebih kecil-kecil (buahnya) dan umumnya lebih masam (rasanya). Apel Fuji namanya (yang paling terkenal). Varietas tersebut dikembangkan di Jepang tapi banyak diproduksi di Tiongkok. Mereka (apel Fuji) lebih crunchy dan rasanya lebih manis.”

Sekian ulasan tentang 10 manfaat dari apel Fuji yang perlu anda ketahui, jika anda mulao tertarik untuk stock apel Fuji di kulkas tapi takut keluar rumah maka TaniHub solusinya. Cukup kunjungi https://tanihub.com/, dan dapatkan beragam buah, sayur, dan bahan pangan lainnya dengan kualitas terbaik langsung dari petaninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.