Jangan Sampai Salah, Inilah Cara Bayar Zakat Fitrah Melalui Lembaga Badan Amil Zakat Nasional!

Jual Zakat Fitrah Terbaik Mei 2022 - Harga Murah & Gratis Ongkir - Blibli

Istilah zakat fitrah tentu sudah tidak asing lagi di pendengaran Anda. Mengingat bahwa zakat ini akan dilakukan setahun sekali. Biasanya, masyarakat akan berbondong-bondong untuk bayar zakat fitrah, baik secara langsung kepada orang yang membutuhkan atau melalui amil zakat.

Dalam membayar zakat ini terdapat berbagai panduan yang harus diikuti, termasuk dalam hal jumlah atau besaran zakat yang harus dibayarkan. Namun pada kenyataannya, masih ada saja orang yang kurang memahami mengenai zakat fitrah ini.

Serba-Serbi Zakat Fitrah

Dalam melakukan zakat fitrah ini, tentunya terdapat tuntunan yang harus diikuti Yaitu sesuai dengan syariat Islam. Adapun berbagai informasi mengenai zakat fitrah termasuk, cara bayar zakat fitrah adalah sebagai berikut.

Definisi Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan atas laki-laki maupun perempuan muslim yang dilakukan khusus di bulan Ramadhan. Selain harus beragama Islam, orang yang membayar zakat juga diharuskan sudah dalam keadaan merdeka dengan harta yang lebih dari kebutuhan sehari-harinya.

Waktu Pelaksanaan dan Bayar Zakat Fitrah

Untuk bayar zakat ini, Anda bisa melakukannya sejak hari pertama bulan Ramadhan hingga saat menjelang salat idul fitri. Namun jika Anda membayar zakat melalui perantara, maka pastikan bahwa Anda membayarnya tidak mepet dengan lebaran agar penyaluran zakat lebih maksimal.

Besaran Zakat Fitrah

Zakat fitrah bisa dibayar menggunakan beras yaitu 2,5 kg atau setara 3,5 liter. Namun jika Anda ingin bayar zakat fitrah dalam bentuk uang, maka Anda harus membayar zakat tersebut senilai beras dengan berat 2,5 kg tersebut.

Cara Bayar Zakat Fitrah Melalui Lembaga Badan Amil Zakat Nasional

Jika membayar zakat fitrah melalui lembaga ini, maka harus memiliki Nomor Pokok Wajib Zakat agar bisa mendapatkan pengurangan pajak. NPWZ bisa didapatkan dengan melakukan registrasi pada https://baznas.go.id/registrasi dulu.

Apabila sudah, Anda bisa langsung memasukkan NPWZ tersebut saat akan membayar zakat di di BAZNAS. Namun jika Anda salah dalam memasukkan nomor NPWZ, maka akan transaksi gagal. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mendatangi kantor BAZNAS terdekat.

Demikian informasi mengenai bayar zakat fitrah yang harus diketahui. Mengingat bahwa membayar zakat adalah kewajiban bagi semua umat Islam. Jadi, pastikan bahwa Anda membayar zakat ini sesuai dengan pedoman yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.