5 Tips Agar Kredit HP Cicilan Bulanan Bisa Disetujui dengan Mudah

Cara Kredit HP di Shopee dengan Kredivo | RajaBeli.Com

Mengajukan kredit hp cicilan bulanan kini bisa disetujui dengan mudah, asalkan beberapa persyaratan bisa dipenuhi dengan lengkap. Beberapa lembaga keuangan memang memberikan kemudahan dalam pemberian kredit, namun tetap dengan analisa risiko terhadap calon debitur yang mengajukan kredit hp.

Supaya pengajuan kredit hp kamu bisa disetujui, ada beberapa persyaratan yang wajib diperhatikan. Beberapa hal ini sangat berpengaruh dan punya poin-poin tersendiri sehingga proses profiling terhadap debitur bisa dilakukan dengan cepat. Semakin tinggi skornya, semakin besar proses persetujuan kredit diberikan. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ulasan lengkapnya;

1. Periksa Kondisi Keuangan

Bagaimanapun kondisi keuangan akan sangat berpengaruh terhadap proses persetujuan kredit. Itulah sebabnya beberapa layanan kredit hp cicilan bulanan memberikan persyaratan penghasilan bulanan.

Dari bukti penghasilan bulanan itulah, kreditur biasanya melakukan penilaian apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman sesuai dengan pengajuan.

Agar disetujui, pengajuan atau cicilan bulanannya tidak boleh melebihi dari sepertiga penghasilan. Pakem ini sudah bukan rahasia umum lagi sehingga jika syarat tersebut terpenuhi maka pengajuan kredit akan lebih mudah dicairkan.

2. Syarat serta Dokumen Lengkap

Beberapa dokumen persyaratan diri yang harus dilengkapi biasanya berupa identitas seperti KTP, Paspor atau SIM. 

Selain itu, bukti penghasilan pun menjadi prasyarat penting. Misalnya bisa didapat dari mutasi rekening di tabungan, atau dengan cara yang lebih canggih lagi adalah menghubungkan akun belanja online sehingga bisa dianalisa kebiasaan belanja serta besaran jumlah belanja secara gross setiap bulannya.

Dokumen tersebut kini lebih praktis untuk di-submit karena bersifat online. Namun, pastikan bahwa beberapa dokumen tersebut diberikan watermark berupa tujuan serta tahun dokumen tersebut disubmit. Sehingga jika terjadi kebocoran data, akan lebih mudah menelusuri dari sumber mana kebocorannya. Apakah dari fintech tertentu atau memang dari lembaga lain untuk kepentingan non finansial.  

3. Pilih Tenor Singkat Bunga Rendah

Jika urusan soal kredit tentu saja paling baik adalah dengan memilih tenor singkat berbunga rendah. Misalnya seperti Kredivo yang memberikan bunga rendah hanya 2,6% saja untuk cicilan barang dengan tenor 6 sampai dengan 12 bulan.

Sementara itu, tenor yang lebih singkat justru ditawarkan tanpa perlu bayar bunganya. Untuk tenor 3 bulan, Kredivo hanya mensyaratkan pembayaran biaya admin sebesar 3% dari harga barang yang akan dicicil, Tapi, minimum harga harga barang yang dicicil pastikan sama dengan atau lebih dari Rp500 ribu.

Selain itu, limit pinjaman yang diberikan pun cukup tinggi hingga Rp30 juta bagi member premium.

4. Skor Kredit Bagus

Skor kredit akan sangat ditentukan dari pinjaman sebelumnya. Jika kamu sudah punya pinjaman sebelumnya di tempat lain, pastikan tidak pernah menunggak cicilan. Namun, jika kamu belum pernah mengajukan pinjaman, biasanya belum ada histori skor kredit yang terbentuk.

Supaya skor kredit bagus tentu saja rajin meminjam dan tidak pernah menunggak cicilan. Pembayaran cicilan selalu tepat waktu dan tidak melebihi jatuh tempo. Bagi pengguna kartu kredit biasanya jika sering membayar minimum pembayaran akan mempengaruhi skor kreditnya.

Di sisi lain, jika ranin mencicil dan meminjam justru skor kreditnya dianggap baik dan biasanya tipe-tipe profil seperti ini yang akan selalu ditawari pinjaman tanpa diminta oleh lembaga keuangan. 

5. Pilih Lembaga Resmi Terdaftar di OJK 

Heboh pinjaman online yang merugikan nasabah lain seharusnya menjadi pelajaran penting bagi kita. Langkah agar bisa terhindar dari hal tersebut adalah dengan memilih lembaga keuangan dan atau fintech yang tepercaya jika ingin mengajukan kredit hp.

Jika sudah terdaftar di OJK, tentu memberikan manfaat lebih banyak untuk debitur. Selain data-data dijaga dengan baik, lembaga keuangan tunduk pada regulasi yang sudah ditetapkan sehingga perlindungan terhadap debitur punya dasar hukum yang jelas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.